Pemberdayaan masyarakat melalui pengorganisasian kelompok kerja komunitas: Langkah awal dalam proses pembentukan fasilitas pendidikan anak dini usia (PADU) berbasis komunitas melalui kemitraan rumah-sekolah-komunitas di sebuah Komunitas Rural Kabupaten Bantul
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)
|
Kemitraan antara sekolah, orangtua dan komunitas akanberdampak pada makin baiknya fungsi sekolah yang pada akhirnya jugamemberi dampak positif pada perkembangan anak didik secarakeseluruhan. 'Salah satu kata kunci untuk membangun kemitraan sekolah-orangtua-masyarakat adalah yaitu partisipasi. Konsep partisipasi inimenempatkan masyarakat setempat (komunitas) sebagai stakehofderutama dari proses pendidikan yang ada di komunitas tersebut.Program yang dilaksanakan untuk tugas akhir ini adalahmemfasilitasi komunitas untuk membuat 'mobile-preschool' yangmelibatkan koinunitas dalam proses belajar mengajarnya. Tahap awaldari program ini adalah melakukan studi dasar (baseline srudy) denganteknik partisipasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam prosesmemfasilitasi berdirinya kelompok bermain berbasis komunitas ini adalahpendekatan partisipasi masyarakat menggunakan teknik wawancara,observasi, workshop. pelatihan dan diskusi kelompok. Strategi yangdigunakan untuk melakukan intervensi adalah dengan melakukan fasilitasiterbentuknya organisasi komunitas yang akan menjadi penggerak danpelaksana program. Hasil yang dilaporkan dalam tugas akhir ini adalahterbentuknya organisasi-organisasi komunitas yang terdiri dari organisasikelompok tokoh masyarakat dan agama sebagai sponsoringorganization, organisasi kelompok ibu sebagai organizing committee.Juga telah terciptanya jejaring sosial (social networking) dan jejaring kerjadi antara para stakeholders di komunitas. Saran untuk tahapanselanjutnya adalah peningkatan kapasitas kelompok kerja komunitas,mengembangkan jejaring kerja antar organisasi komunitas dan forumkerja relawan.Selanjutnya juga memperluas jejaring sosial dan jejaringkerja di luar komunitas baik yang berkait dengan Pemerintah, swastamaupun pengelola aset di sekitar komunitas agar proses implementasibisa berjalan dengan baik. |
T-PDF Retno Dewanti.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38497 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | x, 109 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38497 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343770 |