:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis isi hand test pada remaja berbakat intelektual di SMUN 8 dan SMU Labschool Jakarta

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Dewasa ini terdapat berbagai macam alat tes diagnostik. Alat~alat tes
diagnostik tersebut sangat membantu para psikolog untuk melakukan pemeriksaan
psikologis bagi individu yang membutuhkan jasa profesi psikologi. Dari berbagai
macam alat tes diagnostik yang telah ada, penulis tertarik untuk mendalami dan mengembangkan salah satu diantata alat tes diagnostik tersebut, adalah Hand Test.
Salah satu fenomena yang menarik bagi penulis adalah keberadaan
individu berbakat intelektual. Selama ini keberadaannya masih jarang menjadi
kajian bagi profesi psikologi klinis Sebagaimana individu pada kelompok lain,
mereka juga memiliki masalah., hambatan dan konflik-konf1ik yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari Karena kemampuan intelektualnya yang unggul
tersebut maka permasalahan yang munculpun bisa saja berbeda Tapi mungkin
juga walaupun masalah yang harus dihadapi sama, namun penanganan dan
pendekatan yang dilakukan terhadap masalah oleh individu berbakat intelektual
dan kreatif sangat boleh jadi berheda dengan individu lainnya. Jadi remaja berbakat intelektual dapat memiliki konsep diri yang baik dan hidup bahagia atau
sebaliknya mereka juga tidak lepas dari masalah sosial, cemas dan depresi.
Remaja berbakat intelektual memiliki suatu kondisi yang berbeda dengan
kelompok remaja lainnya baik secara kognitif, afektif maupun psikomotoriknya
Perbedaan ini dapat melahirkan suatu kepribadian yang khas dan unik Karena remaja berbakat dan kreatif tidak hanya hidup sendiri dan tentunya mereka
menempati posisi dalam lingkungan kehidupannya, maka dengan menggunakan Hand Test penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana pola interaksi yang
dikembangkan oleh remaja berbakat intelektual. ~
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk dapat
menganalisis dan mengolah data. Peneliti membandingkan jumlah respon Hand Test pada kelompok remaja berbakat intelektual dan mereka yang tidak diidentifikasi sebagai remaja berbakat intelektual. Subyek penelitian yang digunakan adalah 60 siswa SMUN 8 dan Labschool Jakarta.
Hasil pengolahan dan analisis data secara statistik, didapat bahwa jumlah
total respon, respon affection, communication, direction, acquisition, active,
tension, dan fear pada remaja berbakat intelektual lebih banyak dari mereka yang selama ini tidak diidentifikasi sebagai remaja berbakat inteiektual Selain itu
karena remaja berbakat intelektual telah mendapatkan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya maka respon crippled tidak cukup
menonjol jika dibandingkan dengan mereka yang selama ini tidak
diidentifikasikan sebagai remaja berbakat intelektual. Begitu pula dengan kecenderungan remaja berbakat intelektual yang memilili gagasan-gagasan yang
berbeda dengan lingkungannya masih berada dalam batas-balas realita yang ada sehingga tidak memunculkan respon bizarre.
Dari hasil penelitian ini, penulis memberikan saran-saran kepada
penelitian selanjutnya agar ada penelitian lain tentang Hand Test pada remaja
berbakat intelektual yang dikaitkan dengan variabel Iainnya dan juga diharapkan
ada penelitian lain tentang Hana test pada kelompok individu normal lainnya yang memiliki ciri khusus

 File Digital: 1

Shelf
 T-PDF Riko Jayasaputra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T38302
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 56 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38302 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343820