Analisis isi hand test pada remaja berbakat intelektual di SMUN 8 dan SMU Labschool Jakarta
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)
|
Dewasa ini terdapat berbagai macam alat tes diagnostik. Alat~alat tesdiagnostik tersebut sangat membantu para psikolog untuk melakukan pemeriksaanpsikologis bagi individu yang membutuhkan jasa profesi psikologi. Dari berbagaimacam alat tes diagnostik yang telah ada, penulis tertarik untuk mendalami dan mengembangkan salah satu diantata alat tes diagnostik tersebut, adalah Hand Test.Salah satu fenomena yang menarik bagi penulis adalah keberadaanindividu berbakat intelektual. Selama ini keberadaannya masih jarang menjadikajian bagi profesi psikologi klinis Sebagaimana individu pada kelompok lain,mereka juga memiliki masalah., hambatan dan konflik-konf1ik yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari Karena kemampuan intelektualnya yang unggultersebut maka permasalahan yang munculpun bisa saja berbeda Tapi mungkinjuga walaupun masalah yang harus dihadapi sama, namun penanganan danpendekatan yang dilakukan terhadap masalah oleh individu berbakat intelektualdan kreatif sangat boleh jadi berheda dengan individu lainnya. Jadi remaja berbakat intelektual dapat memiliki konsep diri yang baik dan hidup bahagia atausebaliknya mereka juga tidak lepas dari masalah sosial, cemas dan depresi.Remaja berbakat intelektual memiliki suatu kondisi yang berbeda dengankelompok remaja lainnya baik secara kognitif, afektif maupun psikomotoriknyaPerbedaan ini dapat melahirkan suatu kepribadian yang khas dan unik Karena remaja berbakat dan kreatif tidak hanya hidup sendiri dan tentunya merekamenempati posisi dalam lingkungan kehidupannya, maka dengan menggunakan Hand Test penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana pola interaksi yangdikembangkan oleh remaja berbakat intelektual. ~Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk dapatmenganalisis dan mengolah data. Peneliti membandingkan jumlah respon Hand Test pada kelompok remaja berbakat intelektual dan mereka yang tidak diidentifikasi sebagai remaja berbakat intelektual. Subyek penelitian yang digunakan adalah 60 siswa SMUN 8 dan Labschool Jakarta.Hasil pengolahan dan analisis data secara statistik, didapat bahwa jumlahtotal respon, respon affection, communication, direction, acquisition, active,tension, dan fear pada remaja berbakat intelektual lebih banyak dari mereka yang selama ini tidak diidentifikasi sebagai remaja berbakat inteiektual Selain itukarena remaja berbakat intelektual telah mendapatkan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya maka respon crippled tidak cukupmenonjol jika dibandingkan dengan mereka yang selama ini tidakdiidentifikasikan sebagai remaja berbakat intelektual. Begitu pula dengan kecenderungan remaja berbakat intelektual yang memilili gagasan-gagasan yangberbeda dengan lingkungannya masih berada dalam batas-balas realita yang ada sehingga tidak memunculkan respon bizarre.Dari hasil penelitian ini, penulis memberikan saran-saran kepadapenelitian selanjutnya agar ada penelitian lain tentang Hand Test pada remajaberbakat intelektual yang dikaitkan dengan variabel Iainnya dan juga diharapkanada penelitian lain tentang Hana test pada kelompok individu normal lainnya yang memiliki ciri khusus |
T-PDF Riko Jayasaputra.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38302 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | 56 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38302 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343820 |