:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sumber stres, strategi coping dan karakteristik penyesuaian remaja terhadap pcnyakit thalassemia mayor

Rita Yuliani; Ediasri T. Atmodiwirjo, supervisor; Siti Dharmayati B. Utoyo, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Thalassemia merupakan kelainan darah yang diturunkan, bersifat kronis, dan akan terbawa sepanjang kehidupan individu penderita Ada beberapa jenis thalassemia, dan yang terberat adalah thassemia mayor Pada jenis ini, sel darah merah beumur pendek sehingga penderita mengalami anemia yang berat dan kronis. Untuk mempertahankan hidupnya, penderita thalassemia mayor menjalani transfusi darah berkala Hanya sedikit penderita yang bertahan hidup hingga usia 30 tahun. Pada umumnya mereka meninggal sebelum berusia 16-20 tahun.
Berbagai akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini merupakan stres tambahan bagi remaja penderita thalassemia mayor. Banyaknya stresor yang dialami menimbulkan gangguan psikologis. Penyakit ini juga merupakan faktor pencetus psikopatologi pada anak-anak penderita thalassemia mayor dan orangtuanya. Dalam menghadapi kejadian yang penuh dengan stres, muncul respon individu terhadap lingkungan dan kejadian-kejadian yang menuntut kemampuan coping individu.
Tesis ini membahas perkembangan remaja, stres, dan strategi coping serta karakteristik penyesuaian pada penderita thalasemia mayor melalui tinjauan teoritis dengan penelitian kualitatif dan desain penelitian non ekspcrimental. Tiga remaja penderita thalasemia mayor di Jakarta dengan usia 16-22 tahun menjadi subyek penelitian ini. Pengambilan data demograti dan data medik dilaksanakan di RSAB Harapan Kita dan RSCM. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data bcrupa wawancara dan obscrvasi, dengan menggunakan pedoman wawancara sesuai teori-teori yang mendasari penelitian, alat perekam suara, serta catatan-catatan melalui beberapa tahapan. Analisa dilakukan dengan cara mengumpulkan data, coding dan analisa. Hasil interview ditranskripkan secara verbatim.
Dari hasil penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa sumber stres pada remaja thalassamia mayor bersumber dari dalam dirinya sendiri, keluarga, lingkungan, serta kejadian lain yang menimbulkan stres Stres yang berasal dari diri sendiri antara Iain disebabkan oleh penyakit dan pengobatan, konflik dan frustasi Stres yang berasal dari keluarga antara lain berasal dari kematian anggota keluarga dan biaya pengobatan yang tinggi. Stres yang berasal dari lingkungan antara lain kegiatan di sekolah, dan pekerjaan. Sedangkan kejadian lain yang menimbulkan stres antara lain adalah hubungan cinta dengan lawan jenis.
Strategi coping dalam menghadapi stres adalah strategi coping yang berfokus pada emosi dan berfokus pada masalah Strategi coping berfokus pada masalah digunakan jika remaja menghadapi stres yang disebabkan oleh penyakit dan pengobatan, masalah di sekolah, dan biaya pengobatan Sedangkan stres yang disebabkan oleh emosi digunakan jika remaja menghadapi kontlik, frustrasi, dan kejadian lain yang menimbulkan stres Karakteristik penyesuaian pada remaja penderita thalasemia mayor adalah penyesuaian yang efektif; yang ditunjukkan oleh adanya persepsi akurat terhadap realita, mampu mengatasi stres dan kecemasan, .self-image yang positif, kemampuan mengekspresikan emosi, dan hubungan interpersonal yang baik Karakteristik penyesuaian yang demikian menyebabkan mereka dapat bertahan hidup lebih lama dibanding penderita lainnya.

 File Digital: 1

Shelf
 T-PDF Rita Yuliani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 167 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-848680335 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343883