:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penyusunan modul pelatihan penyesuaian diri akademis bagi mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

Dewi Rosiana; Miranda Diponegoro Zarfiel, supervisor; Mochamad Enoch Markum, examiner ([Publisher not identified] , 2006)

 Abstrak

ABSTRAK
Pendidikan perguruan tinggi memiliki karakteristik yang berbeda dengan
sekolah menengah atas, tentunya juga memiliki tuntutan yang berbeda.
Pcrguruan tinggi melibatkan struktur yang lebih besar dan impersonal, serta
lebih berfokus pada prestasi dan cara pencapaiannya (Santrock, 2004). Di
Fakultas Psikoiogi Universitas Islam Bandung, berdasarkan hasil obsewasi,
hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa dan dosen, temyata masih
banyak mahasiswa yang belum mampu menyesuaikan pola bclajarnya
dengan tuntutan kondisi perkuliahan yang ada. Berdasarkan hal tersebut
mnka diperlukan program orientasi penyesuaian diri mahasiswa baru dalam
bentuk pelatihan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun program pelatihan tentang cara
penycsuaian diri dengan tuntutan belajar di perguruan tinggi bagi
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung yang sesuai
dengan hasil analisis kebutuhan yang ada. Pada penelitian ini, digunakan
metode analisis kebutuhan berupa kuesioner. Peneliti mengadaptasikan
kuesioner penycsuaian diri akademis yang dibuat oleh Wuri Prasctyawati
pada tahun 2003. Dalam analisis kebutuhan melibatkan 141 orang
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung tingkat pcrtama.
30 orang dilibalkan pada tahap uji coba alat ukur dan lll orang dilibatkan
pada tahap pengambilan data lapangan. Subjek yang menjadi sasaran dalam
pelatihan ini adalah mahasiswa Fakullas Psikologi Universitas Islam
Bandung tingkat pertama.
Tujuan umum dari pelatihan adalah agar peserta terampil dalam melakukan
penyesuaian diri di Iingkungan perguruan tinggi. Jumlah waktu pelatihan
adalah 24 jam, terbagi menjadi 10 scsi. Evaluasi yang digunakan adalah
cvaluasi adri pcserta tentang pelaksanaan program pelatihan. Program pelatihan ini belum diujicobakan, maka jika program ini akan
dilaksanakan, disarankan untuk mengujicobakan dahulu sebelum
melaksanakan pelatihan yang sebenarnya. Apabila pada saat uji coba atau
pada saat pelaksanaan temyata ada bagian dari modul yang tidak sesuai,
maka sebalknya dilakukan perbaikan atau bahkan mengubah bagian modul
tersebut agar pada pelaksanaan berikutnya bexjalan lebih tepat guna. Guna
mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan peserta sebelum
mengikuti pelatihan, sebaiknya dilaksanakan pre-test dan post tes! untuk hal
tersebut, disarankan untuk membuat alat ukur pengetahuan dan
keterampilan yang disertai oleh observasi dari fasilitator agar
perkembangan yang dicapai oleh setiap peserta setelah mengikui program
ini dapat terpantau. Sebelum melaksanakan pelatihan, sebaiknya
dilaksanakan training for trainer bagi fasilitator, maka diharapkan peneliti
selanjutnya membuat modul untuk program tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 T34054-Dewi Rosiana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T34054
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 108 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34054 15-19-413784072 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343943