:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi pada Anak Tunanetra Total yang Memiliki Gangguan Bahasa dengan Program Affect-Based Language Curriculum = Improving Communication Skill of Totally Blind Child with Language Disorder Using Affect-Based Language Curriculum Program

Dina Dwiartanti; Tjut Rifameutia Ali-Nafis (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pada anak tunanctra, informasi yang bersifat taktil dan auditif sangat diandalkan untuk belajar tentang dunia (Hull, dalam Mangunsong, 2009). Oleh karena itu, komunikasi verbal merupakan kemampuan yang perlu dikuasai oleh anak tunanetra, agar dapal dipahami Oleh orang lain dan juga sebaliknya. Program intervensi Affect-Based Language Curriculum diberikan kcpada S, seorang anak tunanetra bcrusia 8 tahun 2 bulan yang belum mampu terlibat dalam pembicaraan dua arah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi S agar sesuai dengan tahap perkcmbangannya. Hasil intervcnsi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi S, meskipun tidak pada semua area kcmampuan. Kurangnya keterlibatan keiuarga untuk turut menerapkan program intervensi ini secara berkelanjutan di rumah menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya hasil yang dittapai.

Blind children rely on tactile and auditive infomiation in order to leam about the world (Hull, in Mangunsong, 2009). Thus verbal communication is an important skill that should be mastered by blind children. Affect-Based Language Curriculum is given to S, an 8 years old blind girl, who is not capable of interacting in two-way conversation. The purpose of this intervention program is to improve’s communication skill. Result shows that there is an improvement in S's communication skill, although it is not in all area of skill. The lack of family's involvement to continue the program in home setting is one of the reason why this intervention program did not result as optimal as expected.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T34068
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 138 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34068 15-22-85665426 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344007