Sumbangan Kemampuan Awal Bahasa Arab, Self-efficacy, dan Task Value Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab (Penelitian pada Mahasiswa IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Ros Mayasari;
Yaumil Agoes Achir, supervisor; Lucia R.M. Royanto, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)
|
Penelitian ini bertolak dari adanya kebutuhan akan pemahaman peran faktor-faklor psikologis dalam proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Arab. Di IAIN (Institut Agama lslam Negcri), mata kuliah Bahasa Arab menjadi mata kuliah yang penting dilihat dari tujuan lembaga ini yang bergerak pada pengkajian dan pengembangan ilmu-ilmn keislaman- Pengemhangan dan pengkajian ilmu-ilmukeislaman sangal memerlukan penguasaan hahasa Arab karena sumber utamapengkajian bidaug disiplin ilmu ini berasal dan literatur yang berbahasa Arab.Namun pada kenyataannya, hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Arab belum optimal Oleh karna itu, dalam penelitian ini dikaji beberapa faklor psikologis yumg dianggap memberi sumbangan terhadap keberhasilan Mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Arab. Dari beberapa faktor psikologis yang perlumendapatkan perhatian adalah kemampuan awal bahasa Arab, self-efficacy, dan rask value. Faktor kemampuan awal bahasa Arab panting diteliti karena mahasiswa IAINberasal dari sekolah umum, madrasah, dan pondok pesantren dimana ketiga lembaga pendidikan tersebut memberi porsi mata pelajaran Bahasa Arab yang berbeda-beda.Faklor self-efficacy(penilaian kemampuan diri untuk melakukan tugas tertentu) juga dianggap penting untuk diteliti karena mata kuliah Bahasa Arab sering dianggapsebagai mata kuliah yang sulit Pamdangan tentang kesulitan suatu tugas akanmempengaruhi penilaian seseorang tentang kemampuannya uutuk berhasil pada tugas tersebut. Demikian juga dengan faktor task value (penilaiau tentang kebermaknaan dan kepentingan suatu tugas). Adanya perbedaan tujuan jurusan-jurusan yang ada di setiap fakultas yang tidak semuanya berhubungnn langsungdengan pengkajian ilmu keislamrm, memungkinkan perbedaan penilaian (ask value mahasiswa terhadap mata kuliah Bahasa Arab. Oleh karena itulah penelitian inibertujuan untuk meneliti sumbangan kemampuan awal bahasa Arab, faktor self-efficaoy, dan task value terhadap hasil belajar mata kuliah Bahasa Arab.Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Fakultas Tarbiyah semester satu yang sedang mengambil mata kuliah Bahasa Arab. Sampel berjumlah 214 orang yang diperoleh dengan teknik accidental .sampling. Data tentaug kemampuan awal bahasa Arab menggunkan hasil ujian masuk IAIN pada mata ujian Bahasa Arab dandata hasil belajar diambil dari hasil ujian midsernester mata kuliah Bahasa Arab.Adapun data tentang .self-efficacy dan task value diperoleh dari kuesioner self-efficacy dan task value. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi danpengolahan data dilakukan dengau memanfaatkan program SPSS (Srarisric Package for Social Science).Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal dan self-efficacymemberi sumbangan yang signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah Bahasa Arab,baik pada saat dihitung sendiri~scndiri maupun bersama-sama. Adapun faklor taskvalue ternyata tidak memberikan sumbangan yang signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah Bahasa Arab. Tidak adanya sumbangan yang signifikan variabel taskvalue terhadap hasil belajar diduga karena adanya interaksi antara variabel task value dengan variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini, adanya tingkat .self-efficacy yang rendah dan dimungkinkan pula oleh adanya sikap faking goodresponden dalam menjawab kuisioner.Untuk penelitian lebih lanjut disarankan melakukan pengontrolan variabel terlentu yang dianggap memberi pengaruh terhudap hasil belajar mata kuliah BahasaArab seperti bakal bahasa asing dan perlunya keseragaman pengukuran basil belajarserta menggunakan teknik random sampling untuk pengambilan sempel penelitian agar hasil penelitian dapat digeneralisir secara lebih luas. Penelitian tentang variabelrask value perlu dilakukan dengan melibatkan variabel-variabel lain seperti srategi belajar karena dalam penelitian Pintrich dan Dc Groot (1990), sumbangan task valuemuncul tcrhadap stratcgi belajar. Strategi belajar inilah yang barpengaruh secara langsnng terhadap basil belajar. Di samping itu, penelitian bersama antara variabelkemampuan awal, mumtivalional belief (seperti self-efficacy dan task value) serta strategi belajar penting dilakukan untuk melihat bagaimana pola hubungan dan intraksi antara variabel-variabel tersebut dalam mempengaruhi hasil belajar.Faktor kemampuan awal bahasa Arab dan self-efficacy ternyata memberisumbangan yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliahBahasa Arab. Oleh karena itu, disarankan untuk mengembangkan programpengajaran yang dapat mengakomodasi perbedaan kemampuan awal bahasa Arab mahasiswa yang bervariasi, misalnya dengan memberi bimbingan remedial ataumengelompokkan mahasiswa pada satu kelas sesuai dengan tingkat kemampuan awal bahasa Arabnya Di samping itu, disarankan pula untuk mengmbangkanproses pembelajaran di kelas yang dapat meningkatkan .self-efficacy mahasiswa terhadap mata kuliah Bahasa Arab. Misalnya, memberi pengalaman sukscs dalammengerjakan tugas-tugas mata kuliah Bahasa Arab, memberi umpan balik yang konSiSten terhadap kemajuan penguasaan mahasiswa terhadap hasil belajarnya sertatetap memberikan persuasi verbal bahwa mereka memiliki kemampnan untukberhasil dalam mata kuliah Bahasa Arab |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer , |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 105 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-24-60980723 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344030 |