ABSTRAK CV. RP merupakan perusahaan keluarga yang bergerak di bidang retail(perdagangan eceran). Untuk memenuhi kebutuhan stok di seluruh tempatpenjualan RP memiliki 2 pabrik, yaitu konveksi dan pabrik rajut. Konversidikelola secara outsourcing, dimana RP menyediakan peralatan, bahan baku danmodal kelja. Sementara pabrik rajut dikelola sendiri. Sebagai perusahaan retailpendapatan RP sangat tergantumg pada omzet (hasil penjualan) dari seiiap tempatpenjualannya yang sekarang berjumlah 33 tempat penjualan.Dengan banyaknya tempat penjualan yang dimiliki serta pabrik L yang adamaka RP harus mempekerjakan banyak lenaga kerja Untuk menjalankanaktivitas sehari-hari, RP memiliki 19 orang karyawan di kantor pusat, 45 orangSPG (Sales Promotion Girl), 20 orang di konveksi dan 35 orang di pabrik rajutSebagian besar karyawan RP berusia antara 19-26 tahun, penclidikan SMU danyang sederajat, dan belum memiliki pengalaman kerja sebelum bekelja di RP.Rata-rata karyawan telah bekerja lebih dari 3 tahun, kecuali SPG dan karyawanpabrik yang keberadaannya Sangat tergantung pada kebutuhan penjualan clanproduksi pada waktu tertentuRP Blum melalmkan pengelolaan sumber daya manusia dengan balk,seperti perencanaan sumber daya manusia, proses relcrutmen, seleksi, penempatanyang terstruktur, pelatihan dilakukan sambil bekerja, dan belum memiliki sistemevaluasi kinerja. Meskipun menyadari pentingnya pengelolaan sumber dayamanusia, namun waktu dan perhatian pimpinan masih terpusat pada usaha untukmeningkatkan pendapatan dan memajukan perusahaan.Saat ini Pimpinan RP mengeluhkan penjualan yang tems menunm,padahal produk yang dihasilkan diakui dari segi kualitas, mode, maupun hargayang teljangkau. Sikap dan hasil kerja karyawan juga dinilai tidak seperli yangdiharapkan (kurang tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas, tidak disiplin,suka bergunjing, melakukan kecurangan, dll). Meskzipun perusahaan beradadalam situasi yang sulit, Pimpinan RP bertekad untuk bertahan dan terusmemajukan perusahaan. Konsekwensinya RP harus bersikap Ientur clan selalumenyesuaikan did dengan perubahan yang terjadi di luar. Untuk im RP harusmeningkatkan efektivitas dan kualitas kinerja karyawannyaSetelah menganalisa situasi dan kondisi perusahaaan maupun karyawanRP serta membandingkan beberapa altematif yang munglcin dilakukan, Penulisagar RP menerapkan sistem manajemen kinerja. Sistemrnanajemen kinelja merupakan suatu proses atau serangkaian proses yangdilakukan dalam mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengembangkau kinerjaindividu untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Proses ini melibatl-cankomunikasi yang berkesinambungan dan dilakukan dalam kemitraan antamseorang karyawan dau penyelia langsungnya, Komponen sistem manajemenkinexja terdiri dari perencanaan kinerja, coaching dan evaluasi kinelja.Untuk dapat menerapkan sistem manajemen lcinenja dibutuhkan sosialisasilebih dulu agar karyawan dapat mengenali konsepnya dan mengetahuj cammelakukannya. Mengingat kesulitan RP untuk secara khusus melakukanpelatihan, maka dalam sosialisasi ini karyawan juga diminta untukmempraktekkan inforrnasi yang diperolehnya Sehingga bagi RP program iniakan terasa lebih efisien daxi segi tenaga, waktu dan biaya, namun cukup efektifSebelum masuk ke tahap sosialisasi ini, ada beberapa hal yang hams dilakukanoleh RP, seperti penetapan visi, misi, strategi dan merampungkan job descrgotionsetiap jabatan. Pada tahap awal, program sosialisasi sistern manajemen kinerjadilaksanakan bagi karyawan di kantor pusat sebagai senual operasional RP. |