:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan Alat Ukur Konsep Diri Mahasiswa

Dewi Maulina; Ali Nina Liche Seniati, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Pendidikan di perguruan tinggi dilakukan untuk menghasilkan generasi
muda yang berkualitas. Salah satu faktor yang berkaitan dengan keberhasilan
studi di perguruan tinggi adalah konsep diri mahasiswa. Untuk ilu, alat ukur konsep diri mahasiswa, karena selama ini belum banyak dikembangkan
alat ukur konsep diri yang ditujuklan bagi mahasiswa. Alat ukur ini diharapkan
dapat membantu proses bimbingan dan konseling yang dilakukan pada
mahasiswa, terutarna yang mengalami masalah-masalah akademis berkaitan
dengan konsep diri.
Pengembangan alat ukur baru konsep diri ini didasarkan pada konsep diri
sebagai suatu konstruk yang multidimensional dan memiliki hirarki, yang terdiri
dari dimensi konsep diri akademik, sosial, ernusional, dan fisik. Pemilihan sampel
dengan menggunakan teknik incidental sampling pada mahasiswa Fakultas
Psikologi Universitas Indonesia Program S-1 Reguler yang duduk di semester 2
dan 4 sejumlah 254 orang. Reponden penelitian ini beijumlah 254 orang.
Hasil uji reliabilitas menuniukkan bahwa alat ukur ini akurat dan konsisten
dalarn mengukur konsep diri mahasiswa Uji validitas konstruk dengan analisis
faktor mentmjukkau alat ini mengukur apa yang ingin diukur yaitu konsep diri
mahasiswa, karena hampir seluruh item berada pada faktor yang sesuai dengan
teori pembuatan alat ukur. Uji validitas konstruk dengan cornfergerfr validafion
dan korelasi antara dimensi menunjukkan alat ukur ini mengukur hal yang sama
dengan alat ukur penyesuaian diri akademis yang memiliki kesamaan konstruk,
dan trbukti sebagai alat ukur konsep diri yang multidimensional serta bersifat
hirarki. Uji validitas kriteria menunjukkan dimensi konsep diri akademik
berkorelasi signiiikan dengan Indeks Prestasi Mahasiswa., sehingga dapat
digunakan sebagai prediktor prestasi mahasiswa., hanya saja daya prediksinya
tergolong rendah. Dari penelitian ini, disusun sebuah norma alat ukur konsep diri
mahasiswa yang didasarkan pada standard scores dengan mean = 10 dan SD
(standard deviation) = 3.
Berdasarkan basil penelitian ini, disaranlcan untuk menggunakan metode
lain dalam pengujian validitas konstruk, memperpendek tes dengan mengurangi
item, dan melanjutkan penelitian pada fakultas atau universitas lain agar dapat
diperoleh alat ukur mahasiswa yang reliabel, valid, mampu membedakan
mahasiswa yang memiliki konsep diri positif dan positiil serta memiliki norma
yang mewakili mahasiswa secara luas.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Dewi Maulina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 141 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-76649446 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344430