Pendidikan di perguruan tinggi dilakukan untuk menghasilkan generasimuda yang berkualitas. Salah satu faktor yang berkaitan dengan keberhasilanstudi di perguruan tinggi adalah konsep diri mahasiswa. Untuk ilu, alat ukur konsep diri mahasiswa, karena selama ini belum banyak dikembangkanalat ukur konsep diri yang ditujuklan bagi mahasiswa. Alat ukur ini diharapkandapat membantu proses bimbingan dan konseling yang dilakukan padamahasiswa, terutarna yang mengalami masalah-masalah akademis berkaitandengan konsep diri.Pengembangan alat ukur baru konsep diri ini didasarkan pada konsep dirisebagai suatu konstruk yang multidimensional dan memiliki hirarki, yang terdiridari dimensi konsep diri akademik, sosial, ernusional, dan fisik. Pemilihan sampeldengan menggunakan teknik incidental sampling pada mahasiswa FakultasPsikologi Universitas Indonesia Program S-1 Reguler yang duduk di semester 2dan 4 sejumlah 254 orang. Reponden penelitian ini beijumlah 254 orang.Hasil uji reliabilitas menuniukkan bahwa alat ukur ini akurat dan konsistendalarn mengukur konsep diri mahasiswa Uji validitas konstruk dengan analisisfaktor mentmjukkau alat ini mengukur apa yang ingin diukur yaitu konsep dirimahasiswa, karena hampir seluruh item berada pada faktor yang sesuai denganteori pembuatan alat ukur. Uji validitas konstruk dengan cornfergerfr validafiondan korelasi antara dimensi menunjukkan alat ukur ini mengukur hal yang samadengan alat ukur penyesuaian diri akademis yang memiliki kesamaan konstruk,dan trbukti sebagai alat ukur konsep diri yang multidimensional serta bersifathirarki. Uji validitas kriteria menunjukkan dimensi konsep diri akademikberkorelasi signiiikan dengan Indeks Prestasi Mahasiswa., sehingga dapatdigunakan sebagai prediktor prestasi mahasiswa., hanya saja daya prediksinyatergolong rendah. Dari penelitian ini, disusun sebuah norma alat ukur konsep dirimahasiswa yang didasarkan pada standard scores dengan mean = 10 dan SD(standard deviation) = 3.Berdasarkan basil penelitian ini, disaranlcan untuk menggunakan metodelain dalam pengujian validitas konstruk, memperpendek tes dengan mengurangiitem, dan melanjutkan penelitian pada fakultas atau universitas lain agar dapatdiperoleh alat ukur mahasiswa yang reliabel, valid, mampu membedakanmahasiswa yang memiliki konsep diri positif dan positiil serta memiliki normayang mewakili mahasiswa secara luas. |