:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Beban keluarga dengan anggota keluarga yang menderita skizoiienia

Sitti Evangeline Imelda Suaidy; Augustine Rizal Basri, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Keluarga yang mempunyai anggota keluarga yang menderita skizofrenia akan mendapatkan konsekuensi berupa munculnya berbagai masalah yang berdampak pada kehidupan keluarga. Beberapa teori telah membahasnya dan menyebulnya sebagai beban keluarga.
Tujuan dari peneliiian ini untuk melihat gambaran mengenai beban subjektif yang dirasakan oleh keluarga saat melanjutkan perawalan di rumah. Sedangkan metode yang digunakan dalam pcnclitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). Swbanyak 2 kelompok yang masing-masing terdiri dari 6 orang menjadi subyek penelitian ini.
Basil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua subyek mempunyai beban sebagai konsekuensi mempunyai anggota keluarga yang menderita skizofiienia, seperti munculnya masalah-mamlah yang berkaitan dengan perilaku yang ditampilkan penderita, tugas merawat, hubungan antar anggota keluarga, hubungan sosial sampai masalah keuangan dengan kesulitan-kesulitan dan ketidakcocokan dalam kehidupan subyek dengan penderita.
Akan tetapi, Studi ini juga menunjukkan bahwa tidak semua konsekuensi yang dialami oleh subyek mendapakan beban. Beberapa diantaranya memperoleh konsekuensi positif seperti membuat hubungan keluarga menjadi lebih dekat, saling memperhatikan dan meningkatkan keimanan kepada Tuhan. Sehingga konsekuensi yang dialami keluarga dapat bermakna posilif ataupun ncgatif.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sitti Evangeline Imelda Sandi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 85 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-359413591 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344450