ABSTRAK Disebutkan dalam Pasal 28 UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,PAUD adalah pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang diselenggarakanmelalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal. Menurut Gutama (Mediaindonesia, I0 Juli 2006), banyak kendala yang dihadapi dalam meningkatkanpartisipasi PAUD di Indonesia, diantaranya adalah tenaga pendidik yang belummemenuhi kualifikasi. Sedangkan S6C&l`8 umum, guru merupakan faktor penentutinggi rendahnya kualitas pendidikan. Oleh kanena itu, penting memberikan perhatianterhadap peningkatan kualitas guru.Berdasarkan analisa kebutuhan yang diiakukan kepada guru PAUD dan kepalasckolah PAUD yang ada di kota Bogor diketahui bahwa pengajar masih bclummemahami pcngajaran efektif secara keseluruhan sehingga mereka belum dapatkreatif dalam menyiapkan bahan-bahan pembelajaran dan mcngatasi anak-anak yangbemiasalah. Akar permasalahannya adalah karena pengctahuan mereka yang kurangmengenai kamkteristik anak usia dini dan bagaimana cara menghadapinya, Hal inidisebabkan oleh perbedaan lalar belakang pendidikan para pengajar dan sebagianbesar dari mereka lidak memiliki pengetahuan dasar sebagai gum. Tujuan pelatihanini adalah untuk membekali guru mengcnai pengetahuan karaktcristik anak usia dinischingga nantinya diharapkan guru lebih efektif dalam mclakukan kegiatan bclajarmengajar di kclas.Pelatihan ini diadakan dengan durasi waktu empat bclas jam selama dua han. Isipelatihan dirangkum dalam sebuah modul yang terdiri atas tujuh scsi dengan pokokbahasan antara lain : I) Perkembangan anak usia dini, khususnya aspek Esik,kognititl emosi dan sosial; 2) Pendidikan anak usia dini secara umum. ABSTRACT Stated on Pasal 28 UU No. 20/2003 about National Education System, early child ageeducation is an education prior to basic education level run through formal,nonforrnal, and informal education. According to Gutama (Media Indonesia, .luly IO,2006), many obstacles faced on improving PAUD participation in Indonesia, that is,non qualified educator. Commonly, teacher is a definite factor detemiining high-lowof education quality. Therefore, it is important to give finll attention in improving thequality of the teachers.Based on need analysis of PAUD teacher and PAUD headmaster in Bogor, it isknown that they lack of comprehension of effective teaching completely, in order to,they can't provide creative teaching modul and handle extraordinary problem onchildren. The main problem is because of they lack of comprehension on thecharacteristics of early child age and how to face and handle it. It is caused bydifterent education background ofthe teachers and having no basic knowledge ofteacher. This training aims to give the teachers knowledge of early child agecharacteristics so they can effectively teach in the classroom.This training is organized in I4 hours for 2 days. It covered in a modul with 7session discussing: I) The development of early child age such as physically aspect,cognitive, emotion and social; 2) Early child age education.
|