:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Officer Development Program (Rancangan Program Pengembangan Berdasarkan Kompetensi)

Tjahja Roessitawati; Wustari H. Mangundjaya, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Kemajuan teknologi informasi telah mengubah struktur organisasi pada banyak
induslri, dimana hal ini sangat erat terkait dengan sumber daya manusia yang ada,
yaitu bagimana kualitas keterampilan yang tepat dalam kaitannya dengan peran
yang selalu berubab, serta bagaimana struktur organisasi yang baru dapat
memenuhi kebutuhan motivasi. Hal ini menyebabkan banyak organisasi
menentukan keterampilan atau keahlian yang sangat diperlukan untuk membuat
seseorang berhasil dalam suatu peran atau keadaan tertentu. Organisasi yang
berhasil di masa datang umunmya akan berstruktur lebih mendatar dengan
beberapa lapis supervisor, hubungan hirarki tradisional akan digantikan oleh
kelompok kerja, yaitu dikenal sebagai organisasi gugus, yang saling berhubungan
dam dibed kewewenangan untuk menjalankan iimgsinya untuk mencapai targt
yang telah ditetapkan. Informasi akan tersedia bagi setiap anggota kelompok,
tidak hanya terbatas kepemilikannya pada satu atau dua orang saja. Untuk
pembahasan lebih lanjut diuraikan dalam Bah I.
Keberhasilan organisasi diperlukan empat syarat, yaitu misi yang jelas dan
mudah dipahami oleh setjap anggota organisasi. Kompetensi, dimana sumber
daya manusia yang kompeten merupakan faktor penting dalam keberhasilan suatu
organisasi, sehingga harus oleh setiap karyawan di organisasi tersebut.
Informasi, dimana fleksibilitas dan kebebasan karyawan melaksanakan tugasnya
menuntut adanya kemudahan untuk mendapatkan informasi. Budaya, dengan
mengembangkan rasa menghargai inisiatif akan menciptakan rasa tanggung -
jawab dalam diri karyawan terhadap tugas - tugas yang dibebankan kepadanya,
sehjnga lebih berani untuk melakukan tindakan yang bertanggung - jawab,
termasuk mengambil suatu reslko yang telah diperhitungkan konsekuensinya
dalam menyelesakan tugas - tugasnya. Diantara ke ]erupat syarat tersebut,
kompetensi dari sumber daya manusia, merupakan Ektor yang sangat
menentukan, karena akan membantu terpenuhinya tiga persyaratan Iainnya.
Dibahas lebih lengkap di Bab I.
Sumber daya manusia yang kompeten membuat organisasi mempunyai jajaran
manajer yang dapat melaksanakan peran kepemimpinan secara. Hal ini akan
semakin teruji di suatu organisasi yang dinamis dan selalu mengalami perubahan
sehagai konsekuensi kecepatan perubahan lingkungan, sehingga memerlukan
improvisasi dan penyesuaian berkelanjutan. Organisasi seperti ini akan
membutuhkan manajer - manajer generalis, yaitu manajer yang menguasai
_beberapa kompetensi yang diperlukan untuk- menyelesaikan pekerjaannya, agar
dapat menangani perubahan tersebut. alah satu contoh organisasi yang saat ini
berada pada kondisi harus berubah secara cepat sebagai konsekuensi tunmtan
Iingkungan ekstemal, adalah Bank XYZ. Dlbahas kbih laniut dalam Bab I.
Setelah pengelolaannya diambil alih oleh IBRA dalam rangka program
penyehatan bank dan dilaksanakannya merger dengan 8 Bank Nasional., Bank
XYZ mulai mencanangkan sixategi bisnis untuk mencapai visinya. Salah sam
srrateginya, adalah suategi di bidang sumber daya manusia dan organisasi,
dimana restrukturisasi organisasi berdasarkan segmentasi bisnis, didukung
kualitas smnber daya. Usaha yang dilakukan untuk memhgkatkan kualitas sumber
daya manusia antara lain melalui perencanaan pelatihan secara intemal dan
ekstemal dengan kategori basic, intermediate dan advance. Program yang
merjadi skala prioritas utama, adalah program pelatihan jenjang, yaitu suam
program pelatihan yang berhubungan Iangsung dengan pengembangan karier
secara cepat, yailu Ojicer Development Program ( ODP ).`Pen1bahasan lebih
Iengkap diuraikan dalam Bab I.
ODP, adalah program kaderisasi pimpinan, yang akan melahirkan para Generalist
Banking Officer dengan kompetensi di semua fungsi utama bank dan diharapkan
dalam waktu 2 - 3 tahun mendatang telah menduduki posisi Middle Manager di
lingkungan Bank XYZ. Mengapa ODP ini perlu dlrancang, padahal sudah ada
program pelatihan jenjang lainnya? Pertimbangan manajemen, adalah program
pelatihan jenjang yang ada saat ini lebih bersifat pengkhususan, sehingga Oiiicer
yang dihasilkan mempunyai kompetensi Pengembangan kariemya juga
terbatas di lingkup satu fungsi tertentu saja. Ketika harus menempati posisi yang
menuntut kompetensi generalis, masih banyak kompetensi lainnya yang perlu
ditingkatkan melalui program pelatihan dan magang dengan .tambahan waktu
belajar yang relatif lama. Contoh, adalah Pimpinan Cabang yang lebih kompeten
di iimgsi kredit dibandingkan fungsi-fungsi lainnya dan konsekuensi dari
progranrpengunduran diri secara sukarela. Untuk pembahasan lebih lanjut, telah
diuraikan pada Bab I.
Kondisi sumber daya manusia yang ada di Iingkungan Bank XYZ saat ini, dimana
mayoxitas kompetensi yang adalah spesialis, berbeda dengan tuntutan
keoepatan perubahan organisasi Bank XYZ yang membutuhkan sumber daya
manusia, khususnya di kelompok karyawan .pejabat, dengankemampuan berpiktir
yang lebih strategis dan makro atau generalis, Serta kepepatan bertindak secara
Lintas fungsional tidak terbatas pada satu fungsi tertentu. Hal ini menyebabkan
manajemen memutuskan menerima profsional dari bank lain. Secara jangka
panjang, manajeman juga merancang program pelatihan kaderisasi pimpinan yang
mempunyai kompetensi secara generalis. Pembahasan lebih terperinci diuraikan
di Bah I.
Generalfs! Banking Qfficer, yaitu officer Bank XYZ yang memiliki kompetensi
di bidang teknikal perbankan dan juga kompetensi manajerial. Untuk kompetensi
teknikal perbankan, para alumni diharapkan memahami konsep dasar bagaimana
bank menghasilkan keuntungan ditunjang dengan produk, servis dan sistim.kerja
fungsi Enansial, operasional, kredit dan pengawasan, Serta bagaimana
meminimalisasi resiko yang mungkin terjadi_ Sedangkan untuk kompetensi
manajerial, para alumni harus memahami nilai utama Bank XYZ, yaitu
transparansi, responsilf, integritas dan profesional, untuk selanjutnya diterapkan
dalam sikap dan perilaku sehari - hari sebagai Qfficer Bank XYZ. Secara
terperinci diurajkan dalam Bab I.
Diantara ke tiga jenis konapetensi, yaitu kompetensi organisasi, kompetensi
jabatan I peran dan kompetensi pribadi, disepakati, bahwa jenis kompetensi
jabatan yang akan dipergunakan untuk menjelaskan kompetensi seorang
Generalist Banking Ojficer, baik dari -segi teknikal maupun manajerial.
Kompetensi ini akan menjadi dasar disusunnya program pelatihan, yang dikena]
sebagai competency based training. Lebih terperinci dapat dibaca di Bab II.
Profil kompetensi Generalist' Banking Qfficer disusun berdasarkan uraian
jabatannya dan dapat dibedakan meniadi dua jenis kompetensi, yaitu kompetensi
teknikal dan manajerial. Pembahasan lebih terperinci, dapat dibaca pada Bab III.
Berdasarkan proiil kompetensi Generalist Banking 0_)j‘Icer dirancang program
pelatihan, yaitu ODP, dimana di dalam program tersebut akan diajarkan modul -
modul yang berkaitan dengan konsep dasar dan fungsi –fungsi utama bank.
Tujuan khusus ODP, diharapkan' trainee memahami semua iimgsi perbankan,
yaitu iinansial, operasional, kredit, resiko dan pengawasan, Serta konsep
bagaimana bank menghasilkan keuntungan dengan ditunjang produk yang
kompetitif dan fungsi pelayanan yang mengutamakan kepuasan nasabah dan cara
kerja yang sistimatis dan eiisien. Disamping teknikal kompetensi yang dikuasai,
diharapkan para alumni mempunyai sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai
utama Bank XYZ. Dari tersebut disusun rancangan program, materi,
metode belajar dan evaluasi, serta kriteria peserta yang berasal dari intemal dan
ekstemal, dimana secara terperinci diuraikan dalam Bab IV.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Tjahja Roessitawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iv, 28 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-52481658 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344616