Evaluasi Program Pengenalan Islam yang Diterapkan pada Anak Usia 3-6 Tahun dengan Metode Homeschooling
Uji Arum Ismartini;
Linda Primana, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)
|
Homeschooling merupakan metode pengajaran yang baru di Indonesia.Dalam Homeschooling, anak disekolahkan di rumah dengan orangtua ataupunmendatangkan tutor ke rumah. Lembaga Pendidikan L (LPL) merupakan lembagayang menerapkan metode Homeschooling di Indonesia dengan mendatangkantutor ke rumah. Dengan metode ini, LPL telah membantu sebagian orangtuamengenai pendidikan anaknya.Salah satu program yang ditawarkan LPL aclalah Program PengenalanrIslam (PPI). PPI menawarkan pengajaran Agama Islam dengan metode yangberbeda dari metode yang diterapkan di sekolah. Pendekatannya yang individualmembual anak mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman batiniah yangseharusnya mereka peroleh saat mempelajari Agama Islam. Namun, PPI sebagaiprogram yang barn tidaklah lepas dari kekurangan, dan oleh karenanya dilakukanevaluasi ini.Evaluasi ini dilakukan dengan meninjau sasaran pembelajaran PPI daritiga teori pendidikan, yaitu teori perkembangan kognitif Piaget, TeoriPerkembangan Moral Kohlberg, dan Taksonomi Afektif Krathwohl. Sebagaitambahan peneliti juga berusaha memperbajki format modul PPI sehingga sesuaidengan format modul standar. Adapun tujuan dilakukannya evaluasi ini adalahuntuk memberi masukan pada PPI LPL yang sudah ada sehingga terdapatkesesuaian antara kondisi belajar yang diciptakan dengan kondisi yangdiharapkan.Setelah melalui analisis mcndalam terhadap PPI, terdapat beberapa usulanperbaikan dari aspek format modul, dan sasaran pembelajaran dari setiappertemuan. Umumnya, sasaran pembelajaran tcrsebut kurang sesuai dcngan teoriperkernbangan kognitif Piaget, perkembangan moral Kohlberg, dan taksonorniKralhwol. Saran-saran yang diberikan terhadap sasaran pembelajaran merupakanpenyelesaian sasaran pernbelajaran terhadap tahap perkembangan anak usia 3-6tahun. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer , |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 130 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-24-59857562 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344624 |