:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Program Pelatihan Strategi Belajar Efektif bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta

Sri Supriyantini; Linda Primana, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Madrasah Aliyah Negeri merupakan institusi yang bertujuan
menghasilkan peserta didik yang beriman, berakhlak mulia, berwawasan,
sehat dan mandiri. Kemampuan Madrasah Aliyah Negeri untuk mencapai
tujuan diatas tidak terlepas dari siswa-siswanya yang mempunyai
karakteristik yang berbeda-beda. Siswa yang berada pada tingkat
pendidikan menengah atas, menghadapi tuntutan belajar yang semakin
kompleks dan situasi belajar yang senantiasa berubah. Siswa diharapkan
mampu mengembangkan strategi belajar yang lebih aklif konstruktif, dan
berasal dari dalam diri Siswa, sehingga ia dapat lebih mandiri dalam
menghadapi tugas belajarnya.
Salah satu strategi belajar yang sangat penting peranannya dalam
menentukan prestasi akademis adalah regulasi diri atau seg” regulated
learning Walaupun sudah banyak penelitian yang menekankan pentingnya
penggunaan strategi self regulated learning dalam mencapai tujuan
akademisnya, namun masih banyak siswa yang belum menerapkan strategi
belajar tersebut secara efektif. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner yang dibelikan kepada pengurus sekolah dan siswa kelas 2 MAN 13 diperoleh masukan bahwa sebagian besar siswa belum mengetahui dan menggunakan strategi belajar yang sesuai dalam menghadapi tugas
belajarnya.
Atas dasar pemikiran di atas, maka peneliti menyusun program
pelatihan Strategi Belajar Efektif pada siswa kelas 2 MAN 13. Pelatihan ini tidak saja memberikan pemahaman mengenai strategi belajar efektif namun
memberikan kesempatan pada peserta untuk menerapkan pengetahuan
tersebut melalui contoh-contoh perilaku konkrit. Dengan mengikuti
pelatihan ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa
dalam menggunakan strategi belajar efektif sehingga siswa lebih mandiri dalam belajar.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sri Supriyatini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 110 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-51701832 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344647