Madrasah Aliyah Negeri merupakan institusi yang bertujuanmenghasilkan peserta didik yang beriman, berakhlak mulia, berwawasan,sehat dan mandiri. Kemampuan Madrasah Aliyah Negeri untuk mencapaitujuan diatas tidak terlepas dari siswa-siswanya yang mempunyaikarakteristik yang berbeda-beda. Siswa yang berada pada tingkatpendidikan menengah atas, menghadapi tuntutan belajar yang semakinkompleks dan situasi belajar yang senantiasa berubah. Siswa diharapkanmampu mengembangkan strategi belajar yang lebih aklif konstruktif, danberasal dari dalam diri Siswa, sehingga ia dapat lebih mandiri dalammenghadapi tugas belajarnya.Salah satu strategi belajar yang sangat penting peranannya dalammenentukan prestasi akademis adalah regulasi diri atau seg” regulatedlearning Walaupun sudah banyak penelitian yang menekankan pentingnyapenggunaan strategi self regulated learning dalam mencapai tujuanakademisnya, namun masih banyak siswa yang belum menerapkan strategibelajar tersebut secara efektif. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner yang dibelikan kepada pengurus sekolah dan siswa kelas 2 MAN 13 diperoleh masukan bahwa sebagian besar siswa belum mengetahui dan menggunakan strategi belajar yang sesuai dalam menghadapi tugasbelajarnya.Atas dasar pemikiran di atas, maka peneliti menyusun programpelatihan Strategi Belajar Efektif pada siswa kelas 2 MAN 13. Pelatihan ini tidak saja memberikan pemahaman mengenai strategi belajar efektif namunmemberikan kesempatan pada peserta untuk menerapkan pengetahuantersebut melalui contoh-contoh perilaku konkrit. Dengan mengikutipelatihan ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan siswadalam menggunakan strategi belajar efektif sehingga siswa lebih mandiri dalam belajar. |