Pelatihan perilaku tersenyum sebagai salah satu keterampilan sosial pada anak dengan borderline intellectual functioning : penelitian kualitatif pada satu orang subyek
Mita Aswanti Tjakrawiralaksana;
Tambunan, Siti Marliah, supervisor
([Publisher not identified]
, 2005)
|
ABSTRAK Borderline Intellectual Functioning adalah salah satu kondisi klinis dcngankaraktcrisitik skor IQ berada pada kisaran 71 sampai dengan 84 (DSM-IV-TR,2000). Dalam hubungan anak dengan lingkungan sosial terutama dengan temansebaya, anak dengan taraf kecerdasan borderline dapat mengalami kesulitan untukmenyesuaikan diri dengan lingkungan pergauian karena casa pandang yang naifatau kecenderungan menarik diri, Agar anak mampu menjalin huhungan denganlingkungan sosialnya terutama dengan teman sebaya, maka mereka memerlukanketerampilan sosial yang cukup.Keterampilan sosial adalah kemarnpuan untuk bcrintcraksi dcngan oranglain dengan cmra tertentu dalam suatu konteks sosial yang dapat diterima dandihargai secam sosial serta pada saat yang sama saling menguntungkan (Combs &Slaby dalam Cartledge & Milbum, l995). Perkembangan keterampilan sosialsendiri adalah sualu proses yang tems berjalan, sesuatu yang dipclajari serta lidakdiperoleh begilu saja.Keterampilan sosial dapat dilatih melalui pelatihan keterampilan sosialyaitu instmksi yang dilaksanakan dalam area pezilaku untuk meningkalkanintemksi posilif dengan orang lain (Mclntyre, 200l). ivlcnurut Canledge danMilbum (l995), salah salu melode dalam pelatihan keterampilan sosial adalahmelalui social modeling yaitu suatu proses yang menghasilkan model pcrilakusosial yang mcmungkinkan seseorang belajar melalui obscrvasi dan imilasi.Mcnumt LaGreca (dalam Cartlcdge & Milbum, 1995) perilaku menyapaadalah salah salu area komunikasi yang memberikan kontribusi dalam hubungandcngan tcman scbaya yang posililf Salah salu komponenuya adalah pcrilakuterscnyum kelika berlemu leman (Cartlcdgc dan Milbum, 1995).Pelatihan dilaksanakan sclama lima scsi. Pada scsi satu dilalaul-Lan kcgiatanidcnlilikasi pcrilaku tcrscnyum scbagai komponcn dalam mcnyapa leman melaluipenyajian model bcrdasarkan lokoh dalam buku cerim. Pada scsi dua mempakankcsempatan melatih perilaku tersenyum (skill performance) melalui pcnyajianmodel dcngan mcnggunakan boncka dan role play. Semcntara sesi Iiga hinggascsi lima merupakan scsi melatih perilaku tersenyum di setting sekolah. Berdasarkan hasil pelaksanaan pelalihan, tampak bahwa pclatihanketerampilan sosial pada anak dengan taraf kecerdasan borderline denganmenggunakan metode social modeling dapat melatih pexilaku tensenyum sebagaikomponen perilaku menyapa teman. Subyck tampak mampu memperlihatkanperilaku tersenyum dalam kegiatan pelatihan walau masih memerlukanpengarahan dan bimbingan.Untuk mernperbaiki rancangan pelatihan di kcmudian hari, dipcrlukanassessment keterampilan sosial yang mendalam sebeium merancang program.Selain itu jcnis kegiatan pelatihan sebaiknya bersifat konkrit, tcrstruktur danmenyenangkan bagi anak. Latihan perilaku juga sebaiknya dilakukan padaberagarn situasi sosial sehingga memudahkan generalisasi perilaku. |
T34140-Mita Aswanti Tjakrawiralaksana.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34140 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 91 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34140 | 15-19-335957084 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344650 |