:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Iklim kelas belajar aklif, gaya belajar dan kreativitas (suatu studi korelasional pada siswa kelas III Sekolah Dasar Islam AL-IZHAR Pondok Labu, Jakarta Selatan)

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang hubungun antaru iklim kelas belajar aktif dan gaya belajar dengan kreativitas. lklim kelas belajar aktif merupakan iklim kelas yang memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif baik intelektual
maupun emosional dan juga fisiknya dalam belajar. Iklim kelas adalah kondisi psikologis yang tercermin dari suatu lingkungan kelas sebagai tempat
pembelajaran sebagaimana yang dipersepsikan oleh individu yang ada di
dalamnya. Jadi iklim kelas berkenaan dengan suasana belajar yang tercipta, yang lebih banyak ditentukan oleh bentuk interaksi guru dengan siswa. Gaya belajar
merupakan kecendenmgan siswa untuk mengadaptasi strategi tertentu dalam belajar, yang secara aktif mencoba dan mencari melalui suatu proses, internalisasi dan konsentrasi hingga akhirnya mendapatkan satu pendekatan belajar yang
sesuai dengan kentutan belajar di kelas/sekolah maupun tuntutan dari mata pelajaran. Menurut DePorter dan Hemacki (1992) ada tiga macam gaya belajar yaitu visual, auditori dan kinestetik Kreativitas merupakan kemampuan untuk
melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam ciri-ciri aprilude maupun non aptitude, baik karya baru maupun kombinasi hal-hal yang sudah ada, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada
sebelumnya. Kreativitas dalam penelitian ini diukur melalui Tes Kreativitas Figural (TKF) dengan basil berupa skor CQ (Creativity Quotient).
Penelitian ini merupakan suatu kajian lapangan dengan tipe non
eksperimental korelasional. Pengambilan Sampel dilakukan dengan metode
purposive accidental sampling dengan 34 siswa untuk pengujian aitem dan untuk pengujian hipotesis berjumlah 55 siswa yang berasal dari tiga kelas. Kriteria responden adalah siswa kelas III sekolah dasar dari sekolah dasar yang
menerapkan belajar aktif dalam kegiatan pembelajarannya. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif, yang diperoleh melalui pengisisan kuesioner oleh siswa, tes kreativitas dan wawancara. '
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa secara umum iklim kelas belajar
aktif memiliki korelasi yang cukup signifikan dengan krealivitas. Antara gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dengan kreativitas tidak berkorelasi. Begitu
pula antara ilkim kelas belajar visual dan kinestetik dengan
krecutivitas. tiduk berkorelasi. Sedungkan antara iklim kelas helajar aktif dan gaya
belajar auditori dengan kreativitas secara' bersama-sumu memiliki hubungan yang cukup signifikan.
Pada penelitian lebih lanjut disarankan untuk mempertimbangkan
heterogenitas tingkat inteligensi (IQ) siswa serta homogenitas sampel yamg,didasarkan pada kemampuan akademik siswa melalui nilai raportnya. Disamping itu disarankan untuk menggunakan alat ukur gaya belajar yang dapat memberikan
hasil identifikasi gaya belajar beserta skor kuantinatifnya atau dengan kata lain
hasil identifikasi dapat dikonversikan ke dalam angka dengan standar yang baku.
Penelitian selanjutnya sebaiknya juga menggunakan ilustrasi gambar yang lebih baik dan memperluas usia subyek penelitian serta melakukan analisis data variabel gaya berpikir agar diperoleh hasil yang lebih mendalam.
Hasil penelitian ini mcnunjukkan bahwa iklim kelas belajar aktif dapat
meningkatkan kreativitas siswa kelas III sekolah dasar. Oleh karena itu disarankan kepada para pendidik, baik orangtua maupun guru, untuk menyajikan kegiatan pembelajaran yang kondusif bagi pengembangan kreativitas anak, yaitu dengan menciptakan suatu iklim kelas belajar aktif. Selain itu dan penelitian ini dapat
diketahui bahwa siswa memiliki gaya belajar yang unik atau berbeda-beda antara
satu anak dengan yang lain. Oleh karenanya, dalam rangka meningkatkan
kreativitasnya, siswa harus diberikan kesempatan untuk memilih kegiatan krealif yang sesuai dengan gaya. belajarnya tersebut, sehingga gaya kreativitas siswa akan
berkembang secara optimal.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sri Wulan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 135 hl.m. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344661