Program pelatihan pengajaran efektif bagi guru prasekolah
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)
|
Pendidikan prasekolah telah menjadi perhatian para orangtua danpendidik. Adanya hasrat untuk meningkatkan kualitas anak sejak usia dini dan munculnya dampak positif jangka panjang dari program pendidikan dini usia terhadap peningkatau kualitas perkembangan anak mengakibatkan luasnya minat pengembangan pendidikan prasekolah (Patmonodewo, 2003). Perlakuan tepatterhadap anak melalui usaha pemberian stimulasi pada anak sedini mungkin selalu menjadi perhatian para pendidik. Program pendidikan yang berkualitas yang ada pada suatu sekolah tentunya tidak lepas dari peran guru sebagai pihak yangterlibat langsung dengan perkembangan siswanya Pendidik dalam pendidikan formal seharusnya adalah orang-orang yang memiliki pendidikan khusus sebagaiguru. Namun kenyataannya, para guru di Kids’ World Educational Centerbukanlah orang yang mempunyai latar belakang pendidikan sebagai guru sehingga mereka sebenarnya kurang memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan sebagaiguru. Selain itu, para guru merasa enggan dan tidak punya waktu untukmemperluas wawasan pengetahuan dan keterampilarmya Di sisi lain, pihakmanajemen mengharapkan guru dapat berfingsi sebagai pendidik yang efektifAdanya kesenjangan antara apa yang seharusnya dimiliki guru (sesuai harapan pihak manajemen) dengan kenyataan yang terjadi ini mendorong minat peneliti untuk membuat program pelatihan bagi para guru di institusi tersebutPembuatan program ini didasari oleh hasii analisa kebutuhan yangdilakukan dengan metode wawancara pada Kepala Sekolah, Manajer dan guru.Hasil analisa kebutuhan pelatihan menunjukkan bahwa kebutuhan terbesarberkaitan dengan pengajaran efektif Lebih spesifik mengenai kebutuhan tentang pengajaran efektif, para guru merasa perlu memperoleh pengetahuan tambahandalam bidang pendidikan anak dan perkembangan anak, metode pengajaran,keterampilan disiplin, serta kreatif dalam mengajar.Berdasarkan hasil analisa kebutuhan tersebut maka disusunlah programpelatihan pengajaran 'efektif bagi para guru prasekolah. Pokok bahasan dalammodul pelatihan tersebut yaitu: (1) Pembelajaran di Kids’ World Educaiional Center, (2) Perkembangan Anak Prasekolah, (3) Metode Pengajaran, (4) Disipiin,dan (5) Kreativitas pada Guru. Seluruh materi ini diharapkan dapat menciptakanpengajaran yang lebih efektif bagi para guru di sekolah tersebut. |
T-Stephanie Yuanita Indrasari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38389 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xi,129 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38389 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344673 |