Pengembangan alat ukur penyesuaian akademis mahasiswa Universitas Indonesia
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)
|
Pendidikan merupakan faktor penting dalam memhuat seseorang lebihberfungsi optimal. Oleh karena itu, ia tidak menginginkan kegagalan di bidang ini.Salah satu syarat agar berhasil dalam pendidikan adalah penyesuaian diri, yang dalam hal ini adalah penyesuaian akademis. Sistem pendldikan dan lingkungan di perguruan tinggi menuntut para lulusan Sekolah Menengah Umum dan sederajatuntuk menyesuaikan diri dengan metode dan kurikulum yang berbeda. Diperguruan tinggi, khususnya Universitas Indonesia, diterapkan sistem drop aut sehingga para mahasiswa barn selalu berusaha untuk dapat segera menyesuaikan diri agar bertahan dan berprestasi. Dengan demikian, dibutuhkan suatu alat ukuruntuk mengetahui penyesuaian diri mahasiswa baru yang kemudian dapatmengarah pada keberhasilan akademis mahasiswa tersebut, Hal ini penting karena dengan alat ukur ini, diharapkan mahasiswa yang ternyata kurang menyesuaikandengan lingkungan kampus dapat segera dideteksi dan diberikan bantuanpencegahan sebelum ia dikenakan drop aut dari kampus.Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan alat yang bernama Student Aititude and Perception Survey (SAPS). Pernilihan Sampelpenelitian ini menggunakan teknik accidental sampling pada Fakultas Hukum Univcrsitas Indonesia. Sampel yang dipilih sejumlah 275 orang mahasiswa S-1 reguler Fakultas Hukum yang duduk di semester 2 dan semester 4.Hasll uji coba alat ini menunjukkan bahwa alat ini cukup akurat dan konsisten dalam mengukur penyesuaian akademis pada mahasiswa. Dari uji validitas konstrulg diperoleh hasil bahwa alat ini lcurang dapat mengukur apa yang ingindiukur, yaitu penyesuaian akademis mahasiswa karena tidak semua item berada pada faktor yang sesuai dengan faktor yang ada pada alat S/IPS. Namun alat ini memiliki koelisien validitas kriteria yang signilikan dengan Indeks Prestasimahasiswa Dengan demikian, semaldn baik penyesuaian diri yang dilakulean seorang mahasiswa di dalam hal akademis, maka semakin balk nilaj indeksPrestasinya Dari pengujian masing-masing item diperoleh 65 item yang masih dapat dipertahankarg sedangkan item-item yang lain harus direvisi dan dibuangDari penelitian ini, disusun sebuah norma alat ukur penyesuaian akademis mahasiswa berdasarkan T-scale.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk melanjutkan penelitian padamahasiswa dari fakultas atau universitas lain agar dapat disusun alat ukur penyesuaian akademis yang valid, reliabel dan memililci norma yang tepat. |
![]()
|
No. Panggil : | T38103 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | 94 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38103 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344753 |