:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan alat ukur penyesuaian akademis mahasiswa Universitas Indonesia

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Pendidikan merupakan faktor penting dalam memhuat seseorang lebih
berfungsi optimal. Oleh karena itu, ia tidak menginginkan kegagalan di bidang ini.
Salah satu syarat agar berhasil dalam pendidikan adalah penyesuaian diri, yang dalam hal ini adalah penyesuaian akademis. Sistem pendldikan dan lingkungan di perguruan tinggi menuntut para lulusan Sekolah Menengah Umum dan sederajat
untuk menyesuaikan diri dengan metode dan kurikulum yang berbeda. Di
perguruan tinggi, khususnya Universitas Indonesia, diterapkan sistem drop aut sehingga para mahasiswa barn selalu berusaha untuk dapat segera menyesuaikan diri agar bertahan dan berprestasi. Dengan demikian, dibutuhkan suatu alat ukur
untuk mengetahui penyesuaian diri mahasiswa baru yang kemudian dapat
mengarah pada keberhasilan akademis mahasiswa tersebut, Hal ini penting karena dengan alat ukur ini, diharapkan mahasiswa yang ternyata kurang menyesuaikan
dengan lingkungan kampus dapat segera dideteksi dan diberikan bantuan
pencegahan sebelum ia dikenakan drop aut dari kampus.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan alat yang bernama Student Aititude and Perception Survey (SAPS). Pernilihan Sampel
penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling pada Fakultas Hukum Univcrsitas Indonesia. Sampel yang dipilih sejumlah 275 orang mahasiswa S-1 reguler Fakultas Hukum yang duduk di semester 2 dan semester 4.
Hasll uji coba alat ini menunjukkan bahwa alat ini cukup akurat dan konsisten dalam mengukur penyesuaian akademis pada mahasiswa. Dari uji validitas konstrulg diperoleh hasil bahwa alat ini lcurang dapat mengukur apa yang ingin
diukur, yaitu penyesuaian akademis mahasiswa karena tidak semua item berada pada faktor yang sesuai dengan faktor yang ada pada alat S/IPS. Namun alat ini memiliki koelisien validitas kriteria yang signilikan dengan Indeks Prestasi
mahasiswa Dengan demikian, semaldn baik penyesuaian diri yang dilakulean seorang mahasiswa di dalam hal akademis, maka semakin balk nilaj indeks
Prestasinya Dari pengujian masing-masing item diperoleh 65 item yang masih dapat dipertahankarg sedangkan item-item yang lain harus direvisi dan dibuang
Dari penelitian ini, disusun sebuah norma alat ukur penyesuaian akademis mahasiswa berdasarkan T-scale.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk melanjutkan penelitian pada
mahasiswa dari fakultas atau universitas lain agar dapat disusun alat ukur penyesuaian akademis yang valid, reliabel dan memililci norma yang tepat.

 File Digital: 1

Shelf
 T_Wuri Prasetyawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T38103
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 94 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38103 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344753