:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Penerapan Pendekatan Solution Focused pada Keluarga dengan Anak Remaja Adiksi Narkoba = Application of Solution Focused Approach to Families with Drug Addicted Adolescent = Application of Solution Focused Approach to Families with Drug Addicted Adolescent

Diana Oetomo; Budi Hartono, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Adiksi narkoba selalu menimbulkan heban atau masalah pada sistem keluarga dan mengganggu anggota keluarga lainnya (Barnard, 2005). Perilakn-perilaku bermasalah yang muncul, seperti: kekerasan, mencuri, alan pertcngkaran dalam kcluarga, menimbullcan kcsulitan-kesulitan untuk hidup bersama anggota keluarga adiksi narkoba. (Vellemau et aI.,I993). Hubungan keluarga yang penuh dengan ketegangan memberikan dampak negatif yang signifilcan psda anggota-anggota keluarga (Boss & Mulligan, 2003). Penelitian ini menggunakan pendekatan solurion focused yang dikembangkan oleh Steve de Shazer, dan Insoo Kim Berg (1992) untuk menolong kcluarga dengau anak adiksiipengguna narkoba, yaitu dengan membangun sistem- sistem keyakinan baru dan positif dalam memandang masalah mereka, sehingga dengan demikian menjadikannya lebih mudah untuk ditanggulangi. Perubahan pada sistem-sistem keyakinan keluarga terhadap masalah adalah merupalcan suatu dasar perubahan untuk mendapatkan resolusi yang efektif terhadap masalah. Terapi ini berfokus pada solusi dari masalah yang ada pads saat ini dengan menggunakan sumber kekuatan yang ada pada keluarga yang bisa mercka gunakan dalam membuat perubahan. Fungsi terapis adalah mengajukan gambaran pembahan dalam langkah-langkah kecil, spesifik, positiiĀ§ dan dalam istilah-istilah interaksional (Macdonald, 2007). Tcknik pengumpulan data dilakukan melalui wawaneara semi srruktur dan observasi terhadap dua keluarga yang menjadi subjek intervensi ini. Hasil intervensi terhadap kedua keluarga tersebut mcnunjukkan perubahan pada sistem-sistem keyakinan keluarga kearah yang lebih posilif berupa ide-ide dan resolusi barn untuk melakukan perubahan.

Drug addiction always becomes a burden or causes a problem to the family system and disrupts other family members (Barnard 2005). Problematic behaviours that arise like : violence, stealing or family feuds, cause problems in living with family members addicted to dnlgs. (Velleman et al.,l993) Tense family relationships has significant negative effects on family members. (Boss & Mulligan, 2003). This research uses the solution focus approach developed by Steve de Shazer and Insoo Kim Berg (1992) to help families with drug addicted child, by developing new belief systems and positiveness in dealing with their probiems, so that it becomes more easy to resolve the problem. Changing the family belief system is the basis of change which will result in an effective resolution towards a problem.This therapy focuses on a solution to a probiem which has occurred by using the family strength make a change. The role of the therapist is to formulate changes in small steps, specific, positive dan using iutcractional terms (Macdonald, 2007). Data gathering tecbnics is done through semi structured interviews and observation of two families which are the objects of this therapy. The resulting therapy towards those families shows that the change in their belief systems becomes more positive By creating new ideas and new resoltions to make a change.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T34160
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 39 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34160 15-22-12425088 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344780