:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Uji reliabilitas, validitas dan pembautan norma skala memori luria-nebraska neuropsychological battery pada mahasiswa S-1 reguler Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Dian Anggraini Aprillia; Yudiana Ratnasari, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Neuropsikologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara fungsi otak dan tingkah laku. Neuropsikologi berhubungan dengan pemahaman, pengujian dan juga pengobatan perilaku yang secara langsung berhubungan dengan fungsi otak. A.R. Luria sebagai seorang neuropsikolog, mengembangkan sekelompok prosedur penilaian kualitatif yang dinilai sangat efelctif dalam mengidentiiikasi dan menentukan disfimgsi otak pada orang dewasa. Golden, Hammelce dan Purisch menyempumakan teknik Luria dengan membuat Luria-Nebraska Neuropsyohological Battery (LNNB)_ LNNB memilild 13 skala, dimana salah satunya adalah Skala Mcmori. Pcncliti tertarik mengadaptasi Skala Memori karena memori merupakan pusat dari iimgsi kognitif dan karakterisitik dari perilaku manusia Selain itu memori berhubungan langsung dengan proses belajar dan merupakan landasan untuk memahami perilaku dan pemikiran manusia Untuk menghasilkan alat ukur yang balk diperlukan syarat-syarat tertentu. Suatu tes dapat dikatakan baik bil tes tersebut reliabei, valid dan memiliki norma baku. Oleh karena ilu, penelitian memfolcuskan pada uji reliabilitas, uji validitas dan pembuatan nonna. Penelitian clilakukan pada kelompok partisipan mahasiswa S-l Regular Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jumlah partisipan 30 orang denan rentang usia 19 - 24 tahun. Uji reliabilitas dilakukan dengan metode koefisicn Alpha., didapatkan koefisien Alpha sebesar 0.34. Koefisien Alpha ini tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Skala Memori LNNB memiliki konsistensi intcmal yang rendah dan item-itemnya kurang homogen, Rendahnya konsistensi intemal dari Skaia Memori LNNB disebabkan oieh sedikitnya jumlah item dan sampel yang homogen.
Uji validitas dilakukan dengan mctode criterion prediction validation dcngan tcknik concurren! validation dan kriteria yang digunakan adalah previously available test, yaitu Wechsler Memory Scale I yang sama-sama mengukur fungsi memori. Hasil korelasi yang didapat adalah signifikan Ini berarti Skala Memori LNNB valid daiam mengukur fungsi memori. Norma dibuat dengan menggunakan nonna dalam kelompok dengan transformasi linear dengan tcknik T score. Pada penyusunan nonna, jumlah partisipan yang sedikit membuat skor tjdak menyebar sccara proporsional. Norma yang disusun juga hanya dapat diaplikasikan pada sampel normal saga.
Untuk selanjutnya disarankan melalcukan uji coba terhadap partispan yang terdiri dari mereka yang masuk dalam kategori nominal dan mereka yang mengalami gangguan neurologis. Hal ini berguna untuk meningkatkan variabiiitas skor sehingga dapat meningkatkan reliabilitas Skala Memori LNNB. Dengan partisipan yang beragam maka dapat dibuat nonna gabungan, sehingga dapat diketahui posisi skor individu yang normal dan posisi skor individu yang mengalami gangguan neurologis dan yang mengalami gangguan psikiairi. Validasi metode lain contrasted group juga perlu dilakukan untuk melihat apakah Skala Memori LNNB mampu membedakan mereka yang masuk dalam kategori normal dengan mereka yang mengaiami gangguan neurologis.

 File Digital: 1

Shelf
 T34186-Dian Anggraini Aprillia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA34186
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 57 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA34186 16-22-89068528 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344971