Appreciative inquiry sebagai model penunjang untuk mengikatkan efektifitas coaching dan proses performance appraisal di perusahaan
Budhi Wirawan;
Eddie Cahyono Putro, supervisor; Rumeser, J.A.A., examiner
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Tugas akhir ini berfokus pada bagaimana menggunakan pendekatan appreciarive inquirydalam coaching dan performance appraisal khususnya diterapkan pada programpcrsiapan kader kepemimpinan yang terpadu pada PT X.Permasalahan yang hendak dikaji adalah kurang tepatnya program mentoring yangselama ini dilaksanakan oleh PT X, sehingga perlu usulan perbaikan dengan melakukanmodifikasi atas program mentoring , menjadi program coaching dalam proscs pcrsiapankadcr kepemimpinan terpadu guna mempersiapkan calon-calon pemimpin unit kerjapemsahaan di masa yang akan datang. Penggantian tersebut diperlukan mengingat dalamprogram mentoring fokus utamanya adalah bukan padaperjbrmance karyawan, namunlebih kepada adanya transfer nilai-nilai dari seorang mentor kepada mentee. Programmenroringjuga lebih bersifat tanpa agenda yang terstruktur. Sedangkan apa yang hendakditerapkan oleh PT X adalah adanya fokus padapeqkrrmance karyawan denganmenggunakan agenda tertentu. Dengan demikian program coaching akan Iebih tepatuntuk ditcrapkan.Selanjutnya, tujuan dari tugas akhir ini adalah memberikan usulan bahwa coaching danpergknrmance appraisal yang diterapkan akan lebih efektif bila menggunakan pendekatanappreciative inquiry _ Beberapa keunggulan pendekatan appreciative inquiry ini adalah :I) merangsang adanya komunikasi secara Iebih terbuka antara atasan dengan karyawan,karena diawali dengan sikap menghargai apa yang telah diraih; 2) mendorong karyawanuntuk mengemukakan ide-ide secara lebih kreatifi 3) berupaya menggali potensi yangdimiliki dengan berpikir secara positif terhadap apa yang bisa dicapai di masa dating 4)disamping itu pcndckatan appreciative inquiryjuga memberikan kesempatan yangseluas-luasnya kepada peserta untuk membuka wawasan positii berpikir imajinatif danmencari alternatif-altematif baru dalam mélaksanakan perubahan; 5) agar pendekatanappreciative inquiry tersebut dapat diterapkan secara efektif diperlukan pelatihan terlebihdahulu bagi para atasan, yaitu pelatihan atasan sebagai coach dan pelatihan pendekatanappreciative inquiry dalam proses coaching dan perjormance appraisal. |
T34194-Budhi Wirawan.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34194 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 48 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34194 | 15-19-479387562 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345010 |