:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis desain organisasi perusahaan dengan pendekatan levers of organization design : studi kasus pada departemen sales dan departemen accounting PT X = Analysis of company organization design using comprehension of levers of organization design in sales and accounting department in PT X as a study case / Lusiana Wijaya

Lusiana Wijaya; Thomas Honggo Secokusumo, supervisor; Lindawati Gani, examiner; Gede Harja Wasistha, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi saat ini dan hal-hal yang perlu diperbaiki dari desain organisasi Departemen Sales dan Accounting di PT X. Penelitian ini juga ditujukan untuk mencari tahu kendala dan solusi dalam kegiatan upaya perbaikan desain organisasi PT X.
Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Kegiatan observasi ini dilakukan dengan terlibat langsung dalam aktivitas perusahaan yang diteliti untuk mengetahui data dan informasi yang relevan dalam penelitian. Kegiatan wawancara dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh pemahaman yang lebih rinci mengenai kondisi desain organisasi di PT X. Studi kepustakaan dilakukan dengan membaca jurnal dan buku literatur yang membahas mengenai desain organisasi.
Kesimpulan yang diperoleh dari melakukan penelitian ini adalah kondisi desain organisasi PT X yang ada belum cukup baik apabila ditinjau dari konsep teori levers of organization design. Hal yang paling utama dapat diperbaiki dalam desain organisasi PT X adalah span of accountability. Pengukuran kinerja yang dilakukan saat ini masih mengandung unsur subyektifitas yang sangat tinggi. Kendala utama yang dihadapai PT X adalah kurangnya kesiapan top management dalam mempersiapkan diagnostic control system yang baru. Solusi untuk mengatasi kendala ini adalah mencoba meyakinkan top management bahwa perbaikan desain organisasi akan meningkatkan kinerja perusahaan.

ABSTRACT
The purpose of this research is to find out current condition and the things that need to be fixed from the organization design in Sales and Accounting Department at PT X. This research also is intended to find out the challenges and solutions in the improvement activities of the organization design PT X.
The research methods used are to make observations, interviews and literature study. This observation activities conducted by directly involved in the company’s activities to determine the relevant data and information in the research. Interviews conducted in an attempt to obtain more detailed understanding of the conditions in the organizational design PT X. Literature study done by reading journals and books that discuss regarding organization design.
Conclusion of this research is the PT X's organization design is not good enough when viewed from the concept of levers of organization design theory. The most important thing to be fixed in the organization design of PT X is the span of accountability. Performance measurement is still contain very high subjectivity. The main obstacle faced by PT X is a lack of top management readiness in preparing a new diagnostic control system. Solution to overcome this obstacle is to try to convince top management that the improvement organization design will improve the performance of the company.

 File Digital: 1

Shelf
 T34663-Lusiana Wijaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T34663
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 75 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34663 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345014