ABSTRAK Self-confidence adalah keyakinan terhadap diri Sena kemampuan yangdimiliki (Websters Dictionary, 1996). Gejala tidak percaya diri pada anak eratkaitannya dengan persepsi anak terhadap konsep dirinya (Surya, 2007). Orangtuayang mcmpersepsikan anaknya sebagai ?segalanya buruk?dapat menciptakankonsep diri yang menekankan pada anak bahwa anak kurang diterima, buruk, dantindakannya tidak disetujui oleh orangtuanya (Frankel-Bnmswilk, dalam Burns,1993).Cognilfve-Behavior Therapy (CBT) adalah sebuah istiiah yang digunakanuntuk menjelaskan bentuk innervensi yang bersifat psikoterapeutik dan bertujuanuntuk mengurangi distress psikologis dan perilaku maladaptifdengan caramengganti proses kognitif (Kaplan et al., dalam Stallard, 2002). Program CBTpada dasamya didasari oleh pemyataan bahwa keyakinan negatifmengenai hidupdan seseorang adalah hasil dari se%taIk negatif yang berujung pada perasaannegatif mengenai diri sendiri, sebf-esteem rendah, dan kepada perilaku yangbersifat menghambat individu mencapai hasil yang diinginkan (Bumett, 1996).Intervensi cognizive behavioral dinilai paling sukses mcningkatkan harga diri dankonsep diri. Program diasosiasikan dengan peningkatan positive seMta1k dan CBTdihubungkan dengan pengurangan negative se%talk (Bumett, Craven, dan Marsh,1999).Program CBT dalam tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkankepercayaan diri sorang anak berusia 9 tahun dengan tingkat kecerdasan rata-rata.Ia merasa kurang percaya diri menjawab pertanyaan guru atau orangtua saatbelajar. Ia takut menjawab dengan salah. Sctelah intervcnsi, anak mampumenyadari kcsalahan berpikimya, menjadi lebih percaya diri di sekolah. Di sisilain, sikap ayah yang marah saat anak melakukan kesalahan membuat anak sulitmenunjukkau perubahan positif di mmah. Anakjuga sangat memperhatikancvaluasi dari teman scbayanya. ABSTRACT Self-confidence is faith about oneself and one?s own ability (Webster?sDictionary, 1996). Lack of confidence of symptom in a child is tight with thechild?s perception of his/her self-concept (Surya, 2007). Parents, who perceivetheir child as ?all bad", create a self-concept that emphasize the child that he/sheis less accepted, bad, and does not have any approval of his action from the parent(Frenkel-Brunswilk, in Bums, 1993).Cognitive-Behavior Therapy (CBT) is an intervention that aims topsychological distress and maladaptive behavior by altering cognitive processes(Kaplan et al., in Stallard, 2002). CBT program is based on the notion thatnegative beliefs about life and oneself is the result of negative self-talk whichleads to negative feelings about oneself; low self-esteem, and self-defeatingbehavior (Bumett, 1996). Cognitive behavioral based interventions were the mostsuccessful enhancers of self-esteem and self-concepts. 'I'he program wasassociated with an increase in positive self-talk and CBT was linked to a decreasein negative self-talk (Bumett, Craven, and Marsh, 1999).CBT?s program on this final assignment was aimed to improve the self-conlidence ofa nine year old girl with an average intelligence. She feels little ofconfidence in answering the teacher?s or pa1°ent's questions. She was afraid thatshe might give a wrong answer. As the result ofthe intervention, the child now isaware of her faulty think and become more confident in school. On the other side,her father-'s attitude that always become angry whenever she gives a wronganswer make her more difficult to show some improvement at home setting. Thechild also pays much of attention on her peer?s evaluation. |