Menumbuhkan empati petugas rutan dalam upaya meningkatkan efektivitas pelayanan kesehatan bagi odha di Rutan Jakarta Timur
Ary Heryanto Putro;
Chasanah Machdi, supervisor
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK Pelayanan kesehatan bagi ODHA di Rutan Jakarta Timur rnasih jauhdari ideal. Faktor penyebabnya adalah adanya stigma dan perilakudiskriminatifterhadap ODHA, baik oleh petugas maupun warga binaannya.Stigma dan perilaku diskriminatif petugas disebabkan olch minimnyainformasi dan pengetahuan salah mengenai I-HV/AIDS.Kebutuhan untuk dicintai dan diterima, sangat diperlukan ODHA,dengan penerimaan, kasih sayang dan dukungan orang disekelilingnya akanmembuat hidup ODHA lebih positif dan berkualitas, pola hidupnya teriagasehingga diharapkan hidupnya akan lebih panjang. Sayangnya tidaksemudah itu ODHA mendapatkan penerimaan, kasih sayang dan dukunganorang-orang disekelilingnya., baik itu dari keluarga, teman, petugas maupunmasyarakat secara luasPetugas merupakan salah satu komponen penting yang ada dalamlingkungan Rutan. Tugas pokok dan fungsi petugas Rutan adalahmelakukan perawatan dan pembinaan terhadap WBP. Seorang pctugasdalam menjalankan tugasnya, harus memilild kompetensi dasar. Yangdlmaksudkan dcngan kompentensi dasar tcrsebut antara lain adalahkemampuan, sikap, pengctahuan yang dapat mendukung programpcmbinaan. Daiam rangka melakukan pembinaan terhadap ODHA, salahsatu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh petugas adalah kemampuanempati dan pengetahuan mengenai ODHA dan HIV/AIDS. Kemampuanbcrcmpali adalah petugas mampu mengerti dan memahami apa yangdirasakan (empati) ODHA, sehingga dapat mcngetahui apa yang mcrckabutuhkanTujuan umum dari penulisan tugas akhir ini adalah mcningkatkancfektifitas pelayanan kesehatan bagi ODHA di Rutan Jakarta Timur.Sedangkan tujuan khususnya adalah, menumbuhkan empati pelugas terhadap ODHA di Rutan Jakarta Timur dengan jalan memberikanpengetahuan dan pemahaman kepada petugas tcntang HIV/AIDS serta tatacara berempati.Dalam upaya menumbuhkan empati petugas terhadap ODHA perludilakukan program intewensi. Program intervensi yang di tawarka olehpenulis adalah program pelatihan untuk menumbuhkan empati terhadapODHA, dengan tumbuhnya empati secara tidak langsung akan dapatrnenghilangkan stigma dan diskriminasi tcrhadap ODHA.Setelah mengikuti program pelatihan empati diharapkan petugas dapatmcngimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Petugas dapatberempati terhadap ODHA, sehingga pelayanan keschatan terhadap ODHAmenjadi optimal. |
T34202-Ary Heryanto Putro.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34202 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 75 pages ; illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34202 | 15-19-102074913 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345069 |