:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran kemampuan mahasiswa dalam penerapan keperawatan transkultural = Description ability nursing student to application transcultural nursing

Munqidz Zahrawaani; Sigit Mulyono, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Transkultural merupakan pengembangan sains dan kelimuan yang spesifik pada kultur dan landasan budaya pada praktik keperawatan . Perawat terutama yang bekerja di klinik sangat perlu menerapkan kemampuan dan pengetahuan tentang keperawatan transkultural sebagai wujud aplikasi keperawatan profesional.
Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana penyerapan mahasiswa dalam memamhami materi keperawatan transkultural kemudian menerapkannya selama bekerja di klinik. Disain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional) menggunakan sampel mahasiswa FIK keperawatan. Instrumen yang digunakan diolah dari Potter dan Pery (2009). Melalui ketepatan skala Likert yang mengukur sejauh mana pemahaman mata ajar KDK dan penerapan materi keperawatan transkultural itu di lahan klinik/rumah sakit.
Hasil penelitian dengan analisis univariat menemukan bahwa tingkat ketidakpuasan mahasiswa dalam pembelajaran berimbang dengan proporsi kepuasan belajar, sedangkan untuk penerapan diperoleh mayoritas mahasiswa ekstensi mampu menerapkan dengan baik keperawatan transkultural. Skripsi ini diharapkan dapat berlanjut kepada penelitian bivariat misalnya dikaitkan dengan perilaku caring sehingga membawa banyak manfaat bagi dunia keperawatan, dimana perawat akan lebih mudah beradaptasi dengan kalangan masyarakat yang kaya budaya khususnya di Indonesia dan dunia Internasional.

Transcultural is development of sains and spesific knowledge at culture and basic nursing practice. Nurse have been worked especially at the clinic must have ability to apply transcultural nursing. Knowledge and ability to application transcultural nursing as part of transcultural nursing.
The purpose of this research is to description permeation and application transcultural nursing student. This research use description cross sectional design, Respondent are nursing student from Nursing Faculty Indonesian University. Instrument based on Potter and Pery (2003) and Likert scale to meassure student ability apply transcultural nursing.
Research result with univariat analyze found that satisfied study from student balance with unsatisfied, however the application majority the student can application with well. The next research effectively more spesific and multivariation so can bring more benefit for nursing world, whereever nurse will be more easier to adaptation with public or mass that real have many culture in Indonesian and International.

 File Digital: 1

Shelf
 S52665-Munqidz Zahrawaani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S52665
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 57 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52665 14-23-39750362 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345363