:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Respon street artist akan label vandalisme yang dilekatkan pada karyanya : sebuah kajian kriminologi budaya = Street artist s response towards the label vandalism assigned on their piece: a cultural criminology study

Theresia Aurellia; Muhammad Mustofa, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai perjuangan para street artist di Jakarta sebagai bagian dari sebuah kebudayaan yang dipinggirkan melalui label vandalisme yang dilekatkan oleh pemerintah dan kemudian memberikan keuntungan bagi korporasi, untuk mempertahankan makna dan esensi kebudayaan mereka. Ditulis dengan menggunakan perspektif kriminologi budaya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang memungkinkan peneliti menjadi alat untuk masuk ke dalam beberapa komunitas street artist dan memahami langsung citra, makna, dan representasi yang mereka perjuangkan melalui penempatan karya mereka. Pada akhirnya, penelitian ini menemukan bahwa usaha perebutan ruang publik dilakukan oleh para street artist untuk merespon label vandalisme dan melawan berbagai kepentingan yang terus meminggirkan mereka.

This minithesis gives an explanation about the struggle done by Jakarta street artists as a member of a subculture which is marginalized by negative labels made by legal authority and afterwards giving benefits to the corporation, to defend their cultural meaning and the essence of their culture. Drawing upon cultural criminology, this research uses qualitative approach with a field research method in order to directly understand the contested image, meaning, and representation within the placement of their piece. In the end, this research found the reclaiming of public place as their response towards the vandalism label and to strive against the various of interest which keep marginalizing them from public space.

 File Digital: 1

Shelf
 S52623-Theresia Aurellia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S52623
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 106 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52623 14-23-50600650 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345936