:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Durasi pemberian ASI dan stimulasi psikososial sebagai faktor predominan terhadap tingkat kecerdasan (IQ) siswa MIN 3 Cijantung Jakarta Timur tahun 2013 = Breastfeeding duration and psychosocial stimulation as predominant factor of intelligent level IQ on student at 3 Islamic Elementary School in Cijantung East Jakarta 2013

Ani Nurhasanah; Diah Mulyawati Utari, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum status gizi, durasi pemberian ASI, karakteristik siswa, dan karakteristik keluarga, serta perbedaan proporsi tingkat kecerdasan (IQ) berdasarkan faktor-faktor tersebut pada siswa kelas 1 MIN 3 Cijantung Jakarta Timur tahun 2013. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2013 dengan jumlah sampel sebanyak 101 responden. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 20,8% siswa termasuk dalam kelompok skor IQ di bawah normal, sebanyak 4% siswa tergolong pendek, dan 59,4% siswa diberi ASI < 24 bulan.
Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan proporsi tingkat kecerdasan (IQ) berdasarkan durasi pemberian ASI dan stimulasi psikososial. Tidak terdapat perbedaan proporsi tingkat kecerdasan (IQ) berdasarkan status gizi (TB/U), berat badan lahir, jenis kelamin, pendidikan pra-sekolah, dan karakteristik keluaga (penghasilan keluarga, pekerjaan orang tua, dan pendidikan orang tua). Namun terdapat kecenderungan tingkat kecerdasan rendah pada anak dengan pendidikan ayah rendah & menengah. Faktor yang paling berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan (IQ) siswa MIN Cijantung adalah durasi pemberian ASI dan stimulasi psikososial.
Dari hasil penelitian menyarankan pihak sekolah dan orang tua untuk melakukan pengukuran status gizi pada anak secara rutin untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, juga bagi para orang tua untuk memberikan ASI hingga usia anak 24 bulan dan memberikan stimulasi psikososial di rumah.

The purpose of study was to determined general description of nutritional status, duration of breastfeeding, characteristics of individual, characteristics of family, also differences of intelligent level (IQ) proportion based on these factors of first grade student in 3 Islamic Elementary School Cijantung, East Jakarta 2013. This study use cross sectional study design. This study had been done on April 2013 with 101 respondents.
The result of this study showed that there were 20,8% of sudents have under average normal level of intelligent, 4% of students classified as stunted, and 59,4% of students have breastfeeding duration under 24 months. Chi-square analysis showed that there were differences of intelligent level (IQ) proportion based on duration of breastfeeding and psychosocial stimulation. Besides, students who had lower father’s eduation tend to had lower intelligent level. The most influence factor were breastfeeding and psychosocial stimulation.
This study suggests school and parents to measuring nutritional status regularly, also breastfeeding infants until the age of 24 months and giving psychosocial stimulation.

 File Digital: 1

Shelf
 S47364-ani nurhasanah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S47364
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 101 hlm. : il. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S47364 14-22-10371858 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345954