:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sosialisasi dan praktik nilai safety riding pada Anggota Komunitas Pulsar Rider Society Chapter Depok dan sekitarnya = Socialization and values practice of Safety Riding in Pulsar Rider Society Depok and Surrounding Chapter Community

Kharisma Tauhid; Ezra Mahresi Choesin, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Skripsi ini mengaji proses sosialisasi nilai safety riding dalam komunitas sepeda motor ketika berinteraksi dalam berbagai wadah-wadah kegiatan dan melihat nilai-nilai yang sudah ditanamkan tersebut dipraktikan oleh anggotanya dalam kehidupan sosial masing-masing anggota. Wadah kegiatan yang ada di dalam komunitas sepeda motor ada banyak dan terjadi dalam konteks yang dinamis. Kegiatan tersebut mencakup dari kegiatan darat, online, hingga perjalanan jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor. Kegiatan dalam komunitas Prides juga mencakup kegiatan-kegiatan yang ruang lingkupnya luas dan melibatkan banyak pihak seperti kegiatan kampanye.
Tujuan dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk membina anggota-anggota dalam komunitas agar menjadi pengendara sepeda motor yang memiliki nilai-nilai safety riding ketika berada di jalan raya. Skripsi ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi partisipasi. Peneliti menjadi bagian dari komunitas tersebut sebagai anggota untuk kemudian mengikuti secara langsung kegiatan-kegiatan yang ada di dalam komunitas tersebut. Dalam proses penelitian ini, peneliti mendapatkan perasaan langsung sebagai anggota komunitas dan mendapatkan pemahaman langsung dari sudut pandang seorang anak baru yang mendapatkan sosialisasi mengenai nilai-nilai yang ada di dalam komunitas Prides.

This thesis is about the socialization process of safety riding values within the bike community when they interact in various kinds of activities and to see that values that have already been planted are put in practice by it’s member in their social life. There are plenty of places of activity that exist inside the community, which occur in dynamic contexts. Those activities include land activity, online, to long distance travelling with bikes. Activities inside Prides community also include the activites that have wide scope and involve many people.
The purpose of the activities is to teach the members so that they become bike riders with safety riding values when they are in the street. This thesis uses collecting data methods by interview and participant observation. The reseacher becomes a member of the community and then follows every activity that consisted inside the community. In the process of the research, the researcher obtain directly the feeling of the members and getting the straight understanding, from the newbie point of view who get socialization about values inside Prides community.

 File Digital: 1

Shelf
 S47222-Kharisma Tauhid.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S47222
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 96 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S47222 14-23-99421018 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346189