:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengetahuan dan sikap mengenai asi dan menyusui pada Mahasiswa Profesi Ilmu Keperawatan di tiga universitas = Knowledge and attitude of breastfeeding among Clinical Nursing Students at three universities

Rizky Agustina Wulantari; Tri Budiati, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Mahasiswa profesi keperawatan yang merupakan calon praktisi keperawatan sudah seharusnya mempunyai kemampuan dalam mendukung pemberian ASI kepada bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan sikap mengenai ASI dan menyusui pada mahasiswa profesi ilmu keperawatan.
Desain penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan sampel sebesar 112 responden dari mahasiswa profesi keperawatan di Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dipilih dengan teknik sampel acak. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner hasil modifikasi dari kuesioner Marzalik.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan cukup dengan jumlah sebesar 56,3% dan sikap yang positif dengan jumlah sebesar 52,7%. Evaluasi pembelajaran di kelas maupun klinis mengenai ASI dan meyusui perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam praktik pemberian ASI.

In the future, clinical nursing students are nursing practitioners who supposed to have the ability to support breastfeeding. This study aimed to describe the level of knowledge and attitudes of breastfeeding among clinical student nursing.
This research design was simple descriptive with 112 participants from the clinical nursing students of Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, and Universitas Muhammadiyah Jakarta. Participants were selected by random sampling technique. The instrument used was a modified version of Marzalik's questionnaire.
The results showed the majority of participants have sufficient knowledge level (56.3%) and a positive attitude (52.7%). Evaluation of clinical and classroom learning about breastfeeding is needed to improve the ability of students in the practice of breastfeeding.

 File Digital: 1

Shelf
 S46252-Rizky Agustina Wulantari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S46252
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 67 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S46252 14-22-77836719 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346425