:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran perilaku orang tua dengan anak usia toddler dalam pencegahan cedera pada anak usia toddler di dalam lingkungan rumah di Kelurahan Mekarjaya Kota Depok = Description of parent's behaviour with toddler to prevent injury on toddler at home in Mekarjaya Depok

Arif Ridwan; Titin Ungsianik, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Cedera ditandai dengan terjadinya luka dan kerusakan pada tubuh disebabkan dari berbagi macam bentuk tindakan baik itu sengaja maupun tidak disengaja. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak usia toddler sangat rentang terhadap cedera di dalam lingkungan rumah.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku pencegahan cedera pada orang tua yang memiliki anak usia toddler di dalam lingkungan rumah. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif sederhana dengan pendekatan cross-sectional melibatkan orang tua dengan anak usia toddler di wilayah Kelurahan Mekarjaya Kota Depok sebanyak 92 responden yang dipilih dengan teknik consecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dikembangkan sendiri yaitu Kuesioner Perilaku Pencegahan Cedera.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden masuk dalam rentang perilaku tidak berisiko yaitu sebesar 53,3%. Peneliti menyarankan untuk diadakannya edukasi mengenai cedera dan pencegahan cedera pada rentang usia anak terutama anak usia toddler untuk meningkatkan informasi dan pengetahuan masyarakat mengenai cedera dan pencegahan cedera.

Injury is characterized by the occurrence of injury and damage to body from action either intentionally or unintentionally. Some research showed that toddler were very vulnerable to injury at home.
The purpose of this research is to describe the behavior of injury prevention in parents who had toddler in their home. The design of this research is using simple descriptive with cross-sectional approach. The respondents were 92 parents with toddler at Mekarjaya Depok and selected by consecutive sampling technique. The instrumen that used was a self-developed questionnaire called Injury Prevention Behaviors Questionnaire.
The results showed that the majority of parents were not in risk behavior (53,3%). The researcher suggests to give society an Education about injury prevention concerning the age range, especially toddler, to raise knowledge and information about injury and injury prevention.

 File Digital: 1

Shelf
 S46422-arif_ridwan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S46422
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 64 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S46422 14-22-85697088 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346544