:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran Pengetahuan, Psikomotor, dan Sikap Perawat dalam Kebutuhan Pemenuhan Nutrisi pada Pasien Anak di RSAB Harapan Kita = Nurse's Knowledge Psychomotor and Attitudes Towards Meeting Pediatric Patient's at Harapan Kita Children and Maternal Hospital

Sri Wahyuni; Nur Agustini, supervisor; Fajar Tri Waluyanti, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Pemberian nutrisi pada anak sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan. Bila kebutuhan tidak terpenuhi maka pertumbuhan dan perkembangan akan terganggu. Peran, psikomotor, dan sikap perawat merupakan salah satu faktor dalam mengatasi masalah nutrisi pasien. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan menggunakan quota sampling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan, psikomotor, dan sikap perawat dalam kebutuhan pemenuhan nutrisi pada pasien anak. Jumlah responden 95 orang di ruang anak RSAB Harapan Kita. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden rata-rata pada usia 38 tahun, dengan mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, pendidikan terakhir Diploma III Keperawatan, masa kerja lebih dari 10 tahun, pengetahuan baik, psikomotor cukup, dan sikap baik.

Nutrition is necessary for children. If not met, the growth and development will be impaired. Nurse’s role and psychomotor are the key factor to manage patient’s nutrition. This study aimed to describe knowledge, psychomotor, and attitudes toward meeting pediatric patient’s nutrition at Harapan Kita children and maternal hospital. This was descriptive study involving 95 nurses, recruited using quota sampling. Those respondens were 38 years in average, female, diploma graduates, and holding more 10 years work experience. A number of nurses indicated good knowledge, nurses had moderate level of psychomotor, while nurse’s attitudes were good towards meeting their patients’ nutrition need.

 File Digital: 1

Shelf
 S46786-Sri Wahyuni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S46786
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xiii, 48 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S46786 14-23-64526726 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20347038