:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Variasi Keruangan Kejadian Pencurian Sepeda Motor di Kota Depok Tahun 2012 = Spatial Variation Motorcycle Theft Incident in Depok City Year 2012

Denis Gangsar Nuari; Maria Hedwig Dewi Susilowati, supervisor; Triarko Nurlambang, supervisor; Hafid Setiadi, examiner; Ratna Saraswati, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Pencurian sepeda motor di Kota Depok adalah salah satu kejahatan yang angkanya tinggi dan tidak menurun. Skripsi ini menjelaskan bagaimana variasi keruangan pencurian sepeda motor yang dilihat berdasarkan hotspot dan coolspot dalam hubungannya dengan guardian, offender, penggunaan tanah, kelas jalan, dan faktor sosial. Metode yang digunakan adalah Kernel Density Estimation yang dianalisa menggunakan pendekatan komparasi keruangan. Selanjutnya untuk mengetahui faktor sosial yang berpengaruh digunakan uji Chi Square.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa variasi keruangan berupa hotspot berpola mengelompok di wilayah permukiman tidak teratur dan perdagangan pada periode pagi hari. Kemudian berpola acak pada periode siang hari, periode sore hari, dan periode malam hari di wilayah perdagangan dan wilayah permukiman. Wilayah coolspot cenderung berada di wilayah pertanian, industri, dan prasarana transportasi. Berdasarkan uji chi square, variasi hotspot terletak pada wilayah yang memiliki jumlah penduduk, kepadatan penduduk, dan jumlah sepeda motor pada kelas sedang dan tinggi. Sedangkan petugas keamanan dan pos keamanan tidak memiliki hubungan dengan variasi hotspot.

Motorcycle theft in Depok City is one of the crimes which the number of event is always high and not decreasing. This research explains about the spatial variation of motorcycle theft that view based on hotspot and coolspot region in association with guardian, offender, land use, road classification, and social factors. The method is Kernel Density Estimation, which analyzed using a spatial-comparative approach. Furthermore, to determine the association of social factors this research also using Chi Square test.
The result is spatial variation that made clustered hotspot in disorganized settlement area and trade area on morning period. There’s also random patterned hotspot that happened in commercial area and settlement area on day, evening, and night period. Cool spot area is having tendency in farming area, industrial area, and transportation infrastructures. Based on chi square test, hotspot variation is located in an area that has moderate or high numbers on population, density, and number of motorcycles. While guardian and security post unrelated with hotspot variation.

 File Digital: 1

Shelf
 S46845-Denis Gangsar Nuari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S46845
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xv, 89 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S46845 14-23-10310621 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20347126