:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis perkembangan kepribadian tokoh ICH dalam Brief an den Vater karya Franz Kafka = Analyse on the personality development of the character ICH in Brief an den Vater from Franz Kafka

Oktaviani Mutiara Dwiasri; Lily Tjahjandari, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Franz Kafka merupakan salah satu penulis berpengaruh pada abad ke-20 dan sampai saat ini, karya-karyanya masih banyak dibaca orang karena keunikan yang dimilikinya. Tema utama karya-karya Kafka adalah kehidupan di kota besar dan hubungan antarindividu di dalam masyarakat (seperti masyarakat dengan pemegang kekuasaan atau ayah dengan anak). Unsur psikoanalisa akan ditemukan di dalam karya-karyanya, tidak terkecuali Brief an den Vater (Surat untuk Ayah).
Penelitian ini dilakukan utuk melihat hubungan ayah-anak yang dimiliki oleh tokoh utama di dalam karya ini. Hubungan tersebut kemudian memberikan pengaruh dalam perkembangan kepribadian tokoh Ich. Untuk memahami itu,penelitian ini akan menggunakan teori mengenai diksi yang dikemukakan oleh Gorys Keraf dan juga teori Mekanisme Pertahanan Diri Ego yang terdapat di dalam teori Psikoanalisa Sigmund Freud.

Franz Kafka is one of the influential writer in 20th century and many people read his works up until now because of it’s uniqueness. The main themes of his works are the life in a big city and the relations between man to man in the society (e.g. civilians with government or the relations between father and his children). We could find elements of psychoanalysis in many of Kafka’s works and Brief an den Vater (Letter to Father) is one of them.
The main purposes of this research are to see the father-son relation and the personality development which happened to the main character, Ich. To answer these questions, diction theory by Gorys Keraf and theory of defense mechanisms of ego which taken from Freud’s psychoanalysis are needed.

 File Digital: 1

Shelf
 S45781 Oktaviani Mutiara Dwiasri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S45781
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 87 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S45781 14-22-21437146 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20347792