:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran perekonomian dan kondisi sosial masyarakat perbatasan dalam novel batas = The pictures of economy and social condition of border society in batas

Muhamad Fahmi Idris; Edwina Satmoko Tanojo, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini membahas novel Batas karya Akmal Nasery Basral yang menceritakan perjalanan Jaleswari yang datang ke perbatasan untuk mengawasi program bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap pendidikan di sana. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan permasalahan perekonomian dan sosial pada masyarakat perbatasan yang terdapat dalam novel Batas. Penulis menggunakan cara pandang struktural dengan menganalisis tokoh, penokohan, dan latar tempat. Penulis juga menggunakan konsep mengenai perekonomian di perbatasan dan konsep mengenai Corporate Social Responsibility. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan deskriptif analisis.
Hasil dari penelitian adalah terdapat permasalahan perekonomian dan sosial pada masyarakat perbatasan yang terlihat pada tokoh, penokohan, dan latar tempat dalam novel Batas. Permasalahan perekonomian menyangkut infrastruktur yang buruk di perbatasan dan ketergantungan masyarakat perbatasan terhadap alam. Permasalahan sosial terjadi karena terdapat tengkulak, perdagangan manusia, dan permasalahan pendidikan.

This research dicusses about novel Batas that is written by Akmal Nasery Basral and has story about Jaleswari who came to the border to control Corporate Social Responsibility (CSR) that aims to enhance education in the border. The research means to obtain a description of economy and social problems in the border society. The researcher uses structural analysis to analyze characters, characterizations, and setting of place. The researcher also uses border economy concept and Corporate Social Responsibility concept. The methods used are qualitative method and descriptive-analysis method.
At the end of this research, the researcher find that there are economy and social problems that are faced by the border society that can be seen by analyzing characters, characterizations, and setting of place in Batas. Economy problem can happen because of bad infrastructure in the border and border society whose dependency on their natural resources. Social problem can happen because of buyer-up, human trafficking, and education problem.

 File Digital: 1

Shelf
 S52481-muhamad_fahmi_idris.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S52481
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 154 hlm.: ill.; 28cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52481 14-23-16658267 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20347941