:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Evaluasi fasilitas pelabuhan merak dalam rangka peningkatan pelayanan pelayaran = Merak sea port facility evaluation in order to increasing trip service

I Nyoman Adriansyah; Sunaryo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak sudah sangat sering terjadi sehingga merugikan perindustrian dan masyarakat sebagai pengguna jasa penyeberangan. Namun sampai saat ini belum ditemukan penyelesaian yang tepat untuk mengurangi penumpukan kendaraan tersebut. Sehingga evaluasi fasilitas pelabuhan dirasa perlu dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kinerja pelabuhan dalam melayani pengguna jasa penyeberangan baik dalam kuantitas nya maupun dalam kualitas yang mencakup waktu serta kenyamanan bagi pengguna jasa pelabuhan.
Dalam melaksanakan evaluasi ini harus diperhitungkan terlebih dahulu agar tercapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu penelitian kali ini akan menganalisa fasilitas pelabuhan yang mendukung penyeberangan selat sunda.
Penelitian ini lebih difokuskan untuk mengurangi penumpukan kendaraan roda 4 atau lebih karena membutuhkan tempat yang lebih lebar sehingga penumpukan kendaraan akan mencapai luar pintu pelabuhan dalam kondisi tertentu.
Penelitian kali ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dari pelabuhan dengan meninjau langsung lokasi pelabuhan serta wawancara langsung dari informan yang pada dasarnya ingin menggambarkan kebutuhan evaluasi fasilitas pelabuhan untuk meningkatkan pelayanannya. Kunjungan ke tempat penelitian akan sering dilakukan oleh peneliti disebabkan peneliti diharuskan dapat menggambarkan keadaan dari hal-hal yang berhubungan dengan topik yang akan diteliti.
Selama penelitian berlangsung, peneliti melakukan sebuah pengamatan secara umum dan menyeluruh terhadap semua hal yang dilakukan dan terdapat di sekitar Pelabuhan Merak khususnya yang berhubungan dengan proses loadingunloading.

Vehicles accumulation in Merak Port is very often the case at the expense of society as the industrial and service users crossing. But up to now have not found the right solution to reduce the buildup of the vehicle. Until port facilities sample devaluation should be done to improve the effectiveness of port performance in serving commuters crossing his good quantity or inquality and comfort that includes time for service Port users.
In order to perform this evaluation should be calculated in advance so that the desired result is reached. Therefore this study was to analyze the port facilities which support crossing Sunda strait.
This research is more focused to reduce the accumulation of 4 or more wheeled vehicles as it requires a much wide run til the vehicle accumulations will reach outside the port gate sunder certain conditions.
This study was done by the method of collecting data from port to port location directly observe and live interviews from informants who basically want to describe the evaluation necessary port facilities to increase the ministry. Visits to research done by the researchers will of ten caused researchers are required to be able to describe the state of matters relating to the topics to be examined.
During the study progresses, researchers conducted a general and comprehensive observation of all the things done and there around Merak Port in particular relating to the loading-unloading process.

 File Digital: 1

Shelf
 SPDF-I Nyoman Adriansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 29 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-84795893 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348354