:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengujian pemetaan taksonomi pengetahuan pada lembaga penelitian nuklir menurut pandangan pakar :studi kasus badan tenaga nuklir nasional BATAN = Knowledge taxonomy mapping testing in nuclear research institute according to experts: a case study of badan tenaga nuklir nasional BATAN

Aridya Maharianto; Putu Wuri Handayani, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai reliabilitas dan validitas dari pemetaan spesialisasi terhadap kelompok pengetahuan yang berlaku di BATAN karena taksonomi pengetahuan yang ada saat ini belum direvisi sejak diresmikan pada tahun 2004 hingga penelitian ini dilakukan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metodologi Q-Sort yang pernah digunakan pada penelitian tahun 2011. Menurut penelitian tersebut, metode ini simpel, efisien dari segi biaya, dan akurat. Pengujian dilakukan dengan menghitung nilai inter-judge raw agreement scores, indeks Kappa Cohen, dan menghitung hit ratio pemetaan yang dilakukan oleh responden yang merupakan pakar di BATAN dengan pemetaan yang saat ini berlaku di BATAN.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata inter-judge raw agreement scores sebesar 53,17%, nilai rata-rata indeks Kappa Cohen sebesar 47,08%, dan nilai rata-rata hit ratio sebesar 53,64%. Nilai tersebut dapat berakibat pada alur pengetahuan yang tidak konsisten dan tidak tepat. Melalui hasil analisis tersebut maka disarankan agar BATAN dapat mengurangi ambiguitas dalam penamaan spesialisasi dan kelompok pengetahuan.

This research examines the reliability and validity of the mapping of the specializations to knowledge categories in BATAN which has not been revised since 2004 until this research was conducted. The testing was conducted using Q-Sort methodology which has been used in a research conducted in 2011. According to the said research, this method is simple, cost-efficient, and accurate. The testing was done using the calculation of inter-judge raw agreement scores, Cohen's Kappa index, and the hit ratio of the mapping that was done by the respondents that are experts in BATAN with the mapping applied in BATAN.
The result of the analysis shows that the average value of inter-judge raw agreement scores is 53,17%, the average value of Cohen's Kappa index is 47,08%, and the average value of hit ratio is 53,64%. These values could lead to the inconsistency and imprecision of knowledge route. According to the result of the analysis, BATAN should try to reduce the ambuigity in naming the specializations and knowledge groups.

 File Digital: 1

Shelf
 SPDF-Aridya Maharianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 93 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-24-72135511 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348383