:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengembangan ontologi evaluasi akademik internal perguruan tinggi studi kasus Universitas Indonesia = Academic evaluation ontology development for internal university case study Universitas Indonesia

Iis Afriyanti; Siti Aminah, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Pada saat ini telah dibangun Portal Open Data UI, yang merupakan portal berbasis Semantic Web untuk mengintegrasikan berbagai sistem administrasi akademik di UI. Penelitian ini ditujukan untuk membuat ontologi evaluasi akademik yang akan diimplementasikan pada portal tersebut. Ontologi evaluasi akademik adalah pemodelan representasi pengetahuan pada domain akademik yang sesuai dengan kebutuhan evaluasi akademik. Ontologi evaluasi akademik mencakup keterhubungan antar dosen, mahasiswa, perguruan tinggi beserta aktivitas-aktivitasnya di setiap tahun akademik. Ontologi ini dibuat dengan metode Ontology Development 101 dengan langkah-langkah (1) menentukan domain dan cakupan ontologi yaitu dengan cara membuat competency questions, (2) analisis menggunakan ontologi yang tersedia, (3) enumerasi kosakata, (4) mendefinisikan class dan hierarki antar class, (5) mendefinisikan property, dan (5) mendefinisikan slot. Penelitian ini menghasilkan ontologi evaluasi akademik yang mengacu pada proses evaluasi internal semester jenjang S1, S2 dan S3 di Universitas Indonesia. Ontologi yang dihasilkan telah dipublikasikan, agar tidak hanya dapat diterapkan pada Universitas Indonesia, namun juga dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia.

At this time there is Portal Open Data UI, which is a Semantic Web-based portal to integrate various systems of academic administration at the Universitas Indonesia. This research aimed to create academic evaluation ontology will be implemented in the portal. Academic evaluation ontology is modeling knowledge representation in the academic domain that fit the needs of academic evaluation. Academic evaluation ontology connectivity between faculty, students, colleges along its activities at every academic year. This ontology is made by the method of Ontology Development 101 with steps (1) determine the domain and scope of the ontology with competency questions, (2) consider reusing existing ontologies, (3) enumerate important terms in the ontology, (4) define the classes and the class hierarchy, (5) define property, and (5) define slot. This research has resulted ontology academic evaluation refers to the process of semester internal evaluation for undergraduate, master, and doctoral at the Universitas Indonesia. The ontology has been published, so that not only applied to Universitas Indonesia, but also can be used by other universities in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 SPDF-Iis Afriyanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 79 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-24-51024160 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348398