:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemaknaan tato dikalangan masyarakat bertato: studi kasus studio x art = Tattoo meaning within the tattoo community case study x art tattoo studio

Rm Karfianda S.; Erna Karim, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Tato merupakan bentuk seni yang keberadaannya masih dianggap tabu bagi masyarakat luas. Di Indonesia sendiri, sejarah telah menunjukkan bahwa makna dan fungsi tato telah bergeser dari waktu ke waktu. Tato yang tadinya merupakan bagian dari ritual kebudayaan menjadi identik dengan kriminal, dan sekarang tato bergeser lagi menjadi sebuah bentuk gaya yang semakin diterima oleh masyarakat. Namun popularitas tato masih ditemani oleh stigmatisasi yang terjadi di dalam masyarakat. Masyarakat bertato dengan bangga membawa seni tato ke dalam masyarakat luas. Citra tato yang identik dengan kriminal telah terkonstruksi dalam masyarakat luas, dan kini masyarakat bertato sedang dalam tahap rekonstruksi pemaknaan menuju arah yang positif.

Tattoo is a form of art that many still consider as taboo. In Indonesia alone, history has shown that the meanings and functions of tattoo has shifted from time to time. Tattoo has shifted from a part of tribe's rituals into something identical with criminality, and now, tattoo has shifted to a new level where it is becoming a fashion statement. In spite of its popularity, tattoo is still stigmatized within society. The tattoo community proudly reintroduce the art of tattoo into the broader community. The negative image of tattoo is constructed within society, and now the tattoo community is on their way in reconstructing the meaning of tattoo to be more positive.

 File Digital: 1

Shelf
 SPDF-Rm Karfianda S.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 65 hlm. : ill. ; 30 cm.+ lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-24-87625009 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348495