ABSTRAK Latar belakang penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 4 Kendari, karenaberdasarkan uji kompetensi yang diadakan oleh Kementerian pendidikan danKebudayaan pada tahun 2012, guru-guru di sekolah ini kompetensinya masih rendahdengan rata-rata hanya 44,58. Selain rendahnya kompetensi tersebut, pada Januari2013, sekolah ini dikembalikan statusnya menjadi sekolah regular dari sebelumnyaberstatus sebagai RSBI. Oleh karena itu diperlukan upaya peningkatan kompetensiserta penyempurnaan kesiapan SMA Negeri 4 Kendari pasca beralih status SMANegeri 4 Kendari menjadi sekolah regular. Salah satu upaya yang dapat dilakukanadalah dengan menjadikan sekolah ini menjadi organisasi pembelajar. Tesis inimengangkat 4 permasalahan yaitu; Seberapa siap SMA Negeri 4 Kendari untukmenuju organisasi pembelajar?; Seberapa siap individu guru dan staf administrasipada institusi pendidikan SMA Negeri 4 Kendari?; Seberapa siap sistem organisasipembelajar pada institusi pendidikan SMA Negeri 4 Kendari? ; Faktor-faktor apasaja yang menjadi penghambat institusi pendidikan SMA Negeri 4 Kendari untukmenjadi organisasi pembelajar? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalahteori learning organization yang dari Peter Senge dan Marquardt.Penelitian ini menggunakan paradigm positivism dengan pendekatankuantitatif, dengan teknik survey yang dikombinasikan dengan wawancaramendalam serta studi dokumen. Survey tersebut dilakukan terhadap guru dan stafadministrasi SMA Negeri 4 Kendari dengan menggunakan dua variabel yang terdiridari sepuluh indikator; lima indikator berhubungan dengan kesiapan individu,yaitu: dinamikan pembelajaran individu, disiplin mental model, disiplin personalmasteri, disiplin berbagi visi serta disiplin berpikir sistemik serta lima indikatorlagi berhubungan dengan sistem organisasi pembelajar, yaitu; dinamikapembelajaran tim, transformasi organisasi, sistem pemberdayaan manusia, sistempengelolaan pengetahuan, dukungan aplikasi teknologi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan guru lebih baik biladibandingkan dengan staf administrasi sekolah serta tingkat kesiapan sistemorganisasi pembelajar pada SMA Negeri 4 Kendari berada pada posisi siap danlebih baik bila dibandingkan dengan kesiapan individu guru dan staf administrasi SMA Negeri 4 Kendari, namun kedua variabel tersebut belum mencapai tingkatkesiapan yang sempurna pada nilai modus 5,00 atau pada posisi siap menyeluruhatau sempurna. Penelitian ini menyarankan agar institusi pendidikan SMA Negeri 4Kendari melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada disiplin mental model dandisiplin personal mastery bagi guru serta seluruh indikator pada variabel kesiapanuntuk staf administrasi. SMA Negeri 4 Kendari juga perlu meningkatkan kesiapandukungan teknologi.Untuk meningkatkan tingkat kesiapan individu tersebut, diperlukan systempenilaian dan pengawasan terhadap aktivitas pembelajaran, terutama penilaian danpengawasan implementasi hasil pelatihan sehingga aktivitas observe, asses, designdan implement (OADI) dapat terjadi sebagai suatu siklus yang berkaitan danberkelanjutan bukan sesuatu yang parsial. Selain aktivitas aktivitas observe, asses,design dan implement (OADI) tersebut diperlukan adanya perimbanganpembelajaran terutama pelatihan antara guru dengan staf . SMA Negeri 4 Kendaridapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan dengan melakukan survey kesiapanmenuju organisasi pembelajar . (learning organization) secara berkala ABSTRACT The rationale of this study applied at Public Senior High School 4 Kendari isbased on the competence test developed by Ministry of education in 2012. Teachersat this school still get low competence under the achievable average 44.58. Besidesthe entire low competence, in January 2013, this institution was returned the status tobecome regular school which was previously as International oriented based school.Therefore, it needs some efforts to increase the competence and improve thereadiness of Public Senior High School 4 Kendari post-reform status to become aregular school. An effort being done is that, to develop the entire school becomes alearning organization. This thesis applies 4 basic problems; How far is the readinessof Public Senior High School 4 Kendari towards organization learning?; How far isthe readiness of individual teacher and administrative staffs at the educationalinstitution of Public Senior High School 4 Kendari?; How far is the readiness oflearning organization system at educational institution of Public Senior High School4 Kendari?; What factors which affect educational institution of Public Senior HighSchool 4 Kendari to become learning organization? Theory which is developed inthis study is learning organization theory from Peter Senge and Marquardt.This study is applied using positivism paradigm through quantitativeapproach, in developing survey technique which is combined with in depth interviewand then documentary study. Survey is applied towards teachers and administrativestaffs of Public Senior High School 4 Kendari using two variables which consist often indicators; five indicators are related to individual readiness, namely: individuallearning dynamics, discipline of mental model, personal mastery, shared vision andthen disciple of systems thinking ; while other five indicators are related to the systemof learning organization, namely; team learning dynamics, organizationaltransformation, human empowering system, knowledge management system,technological application support.The result of the study shows that the level of teacher?s readiness is morebetter than school administrative staffs and then the level of learning organizationsystem at Public Senior High School 4 Kendari is ready and is better than individualreadiness of teachers and school administration staffs of Public Senior High School 4Kendari, however, both variables do not achieve the readiness level perfectly onmode value 5.00 or at the whole perfect readiness position. This study suggestededucational institution of Public Senior High School 4 Kendari to do improvementson the discipline of mental model and discipline of personal mastery towardsteachers then all indicators of variable readiness towards school administrative staffs of Public Senior High School 4 Kendari and it should develop the provision oftechnological support.In order to improve the individual readiness, there has to be evaluationsystem and monitoring towards instructional activity, specifically the implementationof evaluation and monitoring of training result in order that the activities to observe,asses, design and implement (OADI) could happen as a cycle which is interrelatedand continues not as a partial matter. Besides those entire activities, observe, asses,design and implement (OADI), there has to imbalance learning through training forteachers and school administrative staffs. Public Senior High School 4 Kendari coulddo continues improvement through developing survey readiness towards (learningorganization periodically. |