:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Deskripsi kinerja pengawas sekolah menengah pertama swasta dalam mencapai standar proses dan standar pengelolahan pembelajaran di kota Kendar = Describing the performance private junior high school superintendent in achieving in the standards process and standards administration in the Kendari city

Ketut Suwardika; Abi Sujak, supervisor; Amy Yayuk Sri Rahayu, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Supervisi akademik dan supervisi manajerial adalah sarana untuk membantu meningkatkan kualitas profesionalitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Kualitas pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa, namun harus diakui bahwa mutu pendidikan di Indonesia ternyata masih rendah. Rendahnya mutu pendidikan ini salah satu penyebabnya adalah kinerja pengawas yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan kinerja pengawas Sekolah Menengah Pertama Swasta dan apa yang menjadi hambatan pengawas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya di Kota Kendari. Pendekatan penelitian ini di lakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan datanya dengan wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik dan supervisi manajerial oleh pengawas Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Kendari di nilai tidak efektif. Karena kegiatan pemantauan, penilaian, pembinaan dan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah tidak sesuai dengan pedoman tugas kepengawasan, kendalanya adalah karena motivasi, intensitas dan kemampuan pengawas sekolah masih rendah. Serta upaya pemberdayaan pengawas dari pemerintah belum optimal, dan beban kerja pengawas sekolah masih berat.

Academic supervision and managerial supervision are means to improve the quality of professionalism of educators and education personnel. Quality of education is a very important thing in the life of the nation, but it must be recognized that the quality of education in Indonesia is still low. The low quality of education is one of the reasons is the low performance of the superintendent. The goal of this research are the performance of the Private Secondary School superintendent and what are the obstacles in carrying out supervisory duties and functions in Kendari. This research approach in doing a qualitative descriptive method. The interview data retrieval techniques and study documents. Results of this study was that academic supervision and managerial supervision by supervisors Private Secondary School in Kendari in value is not effective. Because the monitoring, assessment, coaching and monitoring and professional training of teachers and principals are not in accordance with the guidelines of supervisory tasks, the problem are due to motivation, intensity and the superintendent ability is still low. As well as Government is not optimal in empowering school supervisor and workload was heavy school superintendent.

 File Digital: 1

Shelf
 T35570-Ketut Suwardika.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T35570
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 103 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35570 15-20-155981736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348791