:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis kesiapan implementasi e-learning di Universitas Negeri Jakarta = Analysis of e-learning implementation readiness in Universitas Negeri Jakarta

Adi Cahyo Pribadi; Sensuse, Dana Indra, supervisor; Hasibuan, Zainal Arifin, examiner; Rizal Fathoni Aji, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Sejak tahun 2006 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memiliki Rencana Strategis Organisasi yang menuangkan perkembangan teknologi. Bentuk perkembangan teknologi tersebut adalah dengan implementasi E-Learning. Menurut Rencana Strategis, E-Learning di Universitas Negeri Jakarta sudah harus diimplementasikan pada tahun 2009, namun saat ini (2013), E-Learning belum diimplementasikan di Universitas Negeri Jakarta. Untuk itu, dalam penelitian ini berusaha didapatkan tingkat kesiapan organisasi di berbagai dimensi organisasi untuk E-Learning, beserta rekomendasi yang sesuai bagi langkah implementasi selanjutnya.Untuk mendapatkan instrumen yang sesuai bagi penilaian kesiapan elearning, dilakukan studi pustaka mengenai E-Learning dan E-Learning readiness assessment.
Studi pustaka difokuskan pada instrumen dari penelitian sebelumnya dan best practices di bidang E-Learning Readiness. Setelah itu, dijalankan wawancara untuk mengetahui kondisi E-Learning di universitas dan tanggapan terhadap instrumen yang hendak digunakan. Hasil dari studi pustaka dan wawancara menunjukkan bahwa instrumen-instrumen yang ada kurang sesuai bagi kondisi di Universitas Negeri Jakarta sehingga perlu dibuat instrumen lain untuk mengukur kesiapan. Instrumen pengukur yang dihasilkan berupa instrumen kuisioner yang terdiri dari lima dimensi, yaitu dimensi sumber daya manusia, organisasi dan lingkungan, teknologi dan infrastruktur, keuangan dan konten. Di dalam instrumen diberikan pertanyaan untuk mendapatkan persepsi responden mengenai penghalang dan pendorong terbesar pendayagunaan E-Learning.
Hasil pengukuran instrumen akan diperoleh gambaran yang lebih menyeluruh mengenai kesiapan organisasi. Hasil pengukuran dibuat analisisnya secara deskriptif, dengan menggambarkan tingkat kesiapan dosen dan mahasiswa pada masing-masing dimensi, lalu melakukan tabulasi silang antara dimensi yang ada dengan beberapa karakteristik tertentu. Dilakukan juga analisis faktor untuk melihat item-item yang paling dominan dalam mendukung tiap dimensi. Hasil akhir pengukuran kesiapan E-Learning organisasi menunjukkan bahwa hampir setiap dimensi berada pada tingkat not ready. Dari hasil pengukuran kemudian dibuat rekomendasi bagi langkah implementasi selanjutnya.

Since 2006, Universtas Negeri Jakarta has a Strategic Plan for the Organisation technological developments. Shape the development of these technologies is the implementation of E-Learning. According to the Strategic Plan, E-Learning in Universitas Negeri Jakarta had to be implemented in 2009, but this time (2013), E-Learning has not been implemented in Universitas Negeri Jakarta. Therefore, in this study tried to obtain the level of readiness of the organization in a variety of dimensions for E-Learning organizations, along with appropriate recommendations for the implementation of measures selanjutnya. For get a suitable instrument for assessing E-Learning Readiness of the literature study on E-Learning and E-Learning Readiness assessment.
Literature study focused on instruments from previous research and best practices in the field of E-Learning Readiness. After that, run the interview to determine the condition of E-Learning at the university and the response to the instruments to be used. Results from the literature and interviews indicate that the instruments are no less appropriate for the conditions in Universitas Negeri Jakarta that need to be made other instruments to measure readiness. Measuring instrument that produced a questionnaire instrument consists of five dimensions, the dimension of human resources, organization and environment, technology and infrastructure, finance and content. In the instrument are given questions to get respondents' perceptions about barriers and drivers of utilization of E-Learning.
Instrument measurement results will be obtained a more comprehensive picture of the readiness of the organization. Results of measurements made by descriptive analysis, to describe the level of readiness of teachers and students in each dimension, and then do the cross-tabulation between the dimensions that exist with some specific characteristics. Factor analysis was also conducted to see the items most dominant in supporting each dimension. The final result of measurement E-Learning readiness of the organization shows that almost every dimension is at a level not ready. From the measurement results are then made recommendations for the further implementation steps.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Pdf Adi Cahyo Pribadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 65 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-21-50704974 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348807