Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa persoalan mendasar yang berkaitan dengan pengaruh supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran, Berkaitan dengan isu sentral tersebut, penulis mencoba untuk mengindentifikasi secara khusus variabel yang berkontribusi terhadap pelaksanaan supervisi akademik yang kemudian dijadikan fokus dalam kajian ini. Sudjana (2011:191) menyatakan bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah dengan sasaran guru dalam proses pembelajaran melalui tiga kegiatan yaitu (1) memantau; (2) menilai; dan (3) membina melalui bimbingan/pelatihan. Pentingnya supervisi akademik oleh pengawas sekolah berfungsi memperbaiki kualitas mengajar guru berdasarkan pada prinsip -prinsip sistematis, berencana dan kontinyu. Menurut Yamin (2011: 35), Kualitas pembelajaran guru tercermin melalui tiga dimensi, yaitu dimensi (1).Perencanaan pengajaran, (2).Pelaksanaan pengajaran, dan (3).Penilaian pengajaran. Tujuan utama yang menjadi pembahasan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran guru. Objek penelitian ini adalah guru SMK Negeri 2 Kota Bengkulu yang seluruhnya berjumlah 183 orang, dan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 125 orang dengan teknik simple random. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tertutup kepada responden sampel penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif tentang supervisi akademik dan kualitas pembelajaran berupa skor dalam bentuk skala interval. Untuk menjawab permasalahan penleitian digunakan analisis regresi sederhana. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan kontribusi pengaruh tunggal aspek pemantauan pengawas terhadap kualitas pembelajaran guru adalah sebesar 9,2%; kontribusi aspek penilaian sebesar 9,3%; dan kontribusi aspek pelatihan/bimbingan sebesar 7,9%; serta kontribusi supervisi akademik secara umum sebesar 10,5%; sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. This research is motivated by some fundamental issues related to the influence of academic supervision on the quality of learning, connection with.The central issue, the author tries to identify the specific variables that contribute to the implementation of academic supervision whi ch then become the focus in this study. Sudjana (2011:191) states that the implementation of academic supervision by school supervisions through the focus at teachers in the learning process that consists of three activities: (1) monitoring, (2) evaluation , and (3) supurvision through guidance / training. The importance of academic supervision by school supervisors work to improve the teaching quality of teachers based on the principles of systematic, planned and continuous. According to Yamin (2011: 35), quality of teacher learning reflected through three dimensions: the dimension (1).the Planning of teaching, (2).the Implementation of teaching, and (3). Assessment of teaching. The main purpose of this research study is to analyze the influence of academic supervision on the quality of teacher learning. Object of this study is the teacher of SMK Negeri 2 Bengkulu to the amount of 183 people, and the number of samples taken are as many as 125 people with simple random technique. Method of data collection is done by distributing questionnaires to the respondents covered the study sample. The data obtained in this study is quantitative data on academic supervision and the quality of learning in the form of scores in the form of interval scale. To answer the p roblem of the studies used simple regression analysis. The conclusion from this study is that there is positive and significant single influence contributing to the regulatory aspects of monitoring teaching quality of teachers is 9.2%; contributions aspects of assessment of 9.3%, and the contribution of aspects of training / guidance of 7.9%, and the contribution of academic supervision in general by 10 , 5%, while the rest is influenced by other factors outside the study. |