ABSTRAK Latar belakang: Pentingnya penilaian kinerja pada unit farmasi yangmenyumbangkan lebih dari 50% keuntungan rumah sakit merupakan suatu halyang sangat bermanfaat untuk digali lebih dalam. Balanced Scorecard adalahsuatu metode yang penilaian kinerja yang dapat menilai kinerja secarakomprehensif, dengan menggunakan penilaian melalui 4 perpektif yaitupertumbuhan dan pembelajaran, proses bisnis internal, pelanggan dan keuangan.Masalah Penelitian: Berdasarkan hasil identifikasi di bagian Farmasi RS MHThamrin Salemba, RS MH Thamrin Salemba belum melakukan proses penilaianbagian Farmasi rawat jalan secara menyeluruh, baik dari pertumbuhan danpembelajaran, bisnis internal, pelanggan, serta perspektif finansial. Oleh karenaitu, penelitian yang berhubungan dengan penilaian kinerja secara komprehensifsangatlah diperlukan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui secara garis besaranalisis aspek pertumbuhan dan pembelajaran pada sumber daya manusia, aspekproses bisnis internal, aspek pelanggan, serta aspek kinerja keuangan di instalasifarmasi RS MH Thamrin Salemba. Metodologi: Penelitian ini merupakanpenelitian yang dilakukan di RS MH Thamrin Salemba. Rumah sakit ini memiliki183 tempat tidur, penelitian ini dilakukan pada instalasi farmasi rawat jalandengan cara deskriptif analisis dengan menggunakan data sekunder danmenggunakan telaah tesis sebelumnya maupun data sekunder yang ada dilapangan. Waktu pengumpulan data dimulai September sampai Desember 2012,data diambil secara potong lintang dengan melakukan pendataan pada tahun 2008sampai 2012. Hasil: Dari penelitian ini, didapatkan pada hasil pertumbuhan danpembelajaran yang dinilai dari angka turn over pegawai dapat dikatakan cukupmendukung. Dari aspek bisnis internal, yang dinilai dari waktu tunggu pasienterhadap obat dapat dikatakan cukup memuaskan. Dari aspek pelanggan, dinilaidari jumlah pelanggan yang menebus resep dan analisis tesis sebelumnya terkaitkepuasan pelanggan, dapat dinilai bahwa aspek pelanggan belum berdayamaksimal. Sehingga, aspek keuangan menunjukan profit yang belum sesuaiharapan. Kesimpulan: Dari hubungan keterkaitan antar variabel dapat dinilaibahwa secara keseluruhan variabel SDM cukup mendukung terlaksananya prosesbisnis internal dengan baik, dengan adanya pencapaian yang sesuai dengan yangditargetkan. Namun, pada penilaian pelanggan, kepuasan yang didapatkan belummaximal sehingga memicu salah satu faktor yang menyebabkan turunnya profitpada aspek keuangan. ABSTRACT Background: The importance of performance evaluation in the pharmaceuticalunit that contributing more than 50% profit in hospitals is very useful to be knowndeeper. Balanced Scorecard is a performance evaluation method thatcomprehensively assesses performance, by using 4 perspectives, such as: learningand growth, internal business processes, customers, and financial aspect.Research problem: Based on the identification at the pharmaceutical unit in MHThamrin Hospital Salemba, the hospital has not made the performance evaluationin outpatient pharmacy yet. So, 4 main aspects, such as learning and growth,internal business, customer, and financial should be evaluate. Therefore, theresearch related to evaluate performance comprehensively is needed. Objective:To determine the analysis in growth and learning aspect, internal business processaspect, customer aspect, and financial performance in hospital pharmacy SalembaMH Thamrin. Methodology: This research was conducted in RS MH ThamrinSalemba. The hospital has 183 beds. The research conducted at the outpatientpharmacy using a descriptive analytic explanation by using secondary data fromthe previous thesis and secondary data on the ground. Time of data collectionbegan in September until December 2012, cross sectional data retrieved bycollecting data in 2008 to 2012. Results: The findings of this study explains thatthe growth of employee turnover has not reach more than 10%, so that that maysupport the internal business process. The internal aspects of the business, whichis assessed from the fulfillment of the drugs’ respond time that reach more than90% can be quite satisfying. The customer aspect, that assessed from the numberof customers who redeemed prescriptions and customer satisfaction showed thatthis aspect not support the financial aspect. Thus, the financial aspect has notshown expected profit percentage growth. Conclusion: From the relationshipbetween 4 variables that can be assessed, the learning and development variablesupport the implementation of internal business processes, with the achievementof the targeted appropriate. However, the customer assessment, has not obtained asatisfactory target so that the factor cause a profit decline in the financial aspect. |