Analisis ekspor udang Indonesia : dengan estimasi permintaan udang beku di pasar Amerika Serikat dan Jepang = An analysis on Indonesia's shrimp export : by estimation on frozen shrimp demand in United States and Japan markets / Sinta Nurwijayanti
Sinta Nurwijayanti;
Yang, Richard (Chunhui), editor
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Udang merupakan salah satu produk ekspor utama di Indonesia. Nilai eksporudang mencapai 38% dari total ekspor produk perikanan Indonesia pada tahun2012. Studi ini bertujuan untuk mengestimasi fungsi permintaan udang beku dipasar tujuan utama untuk ekspor udang Indonesia (Pasar Amerika Serikat danJepang) menggunakan fungsi transcendental logarithmic (TL). Studi inimenggunakan data sekunder dari UN COMTRADE periode 1991-2011 untukpasar USA dan 1988-2011 untuk pasar Jepang. Hasil empiris mengindikasikanbahwa penurunan harga pada udang beku akan meningkatkan share Indonesia dipasar USA and Jepang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa elastisitaspendapatan untuk udang beku Indonesia adalah unit elastis. Simulasi kebijakanmenyarankan bahwa kebijakan penurunan harga untuk ekspor udang bekuIndonesia lebih efektif dilakukan di pasar USA dibandingkan di pasar Jepang. ABSTRACT Shrimp is one of the main fishery export product in Indonesia. Export value ofshrimp reached approximately 38% of the total Indonesian fishery export in 2012.This study estimates demand function on frozen shrimp in the main destinationcountries for Indonesian shrimp export (United States and Japan markets) usingtranscendental logarithmic (TL) function. Secondary data from UN COMTRADEin period 1991-2011 for US market and 1988-2011 for Japan market are used inthis study. Empirical results indicate that reducing in frozen shrimp priceincreases Indonesia share in US and Japan markets. We also find that incomeelasticity for Indonesian frozen shrimp is unit elastic. The simulation suggests thatreducing price policy for Indonesian frozen shrimp export is more effective to doin U.S. market than in Japan market. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | eng |
Sumber Pengatalogan : | LibUI eng rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 24 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349022 |