ABSTRAKTujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi Kebijakan Standar Proses Ditingkat SMAN, Kabupaten Indaramyu dengan memakai teori dari Edward III merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan yaitu; informasi komunikasi, sumber daya, sikap para pelaksana kebijakan, dan struktur birokarasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memberikan keleluasaan bagi peneliti untuk mengeksplorasi berbagai yang berpengaruh. dengan paradigma post-positivis yaitu penelitian kualitatif dengan memakai teori, teori yang di pakai adalah Edward III. Metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data : wawancara yang mendalam, observasi insidental, dan dokumenter. Pengolahan data dengan melakukan pengkodingan, mereduksi, lalu melakukan uji validitas dengan triangulasi.Hasil Penelitian tentang Implementasi Kebijakan Standar Proses Ditingkat SMAN, Kabupaten Indaramyu.di peroleh kesimpulan bahwa Implementasi kebijakan standar proses ditingkat SMAN yang non unggulan, kabuapten Indramayu belum dilaksanakan dengan baik/masih lemah/rendah, namun pada SMAN 1 Sindang merupkan sekolah unggulan mantan RSBI sudah dilaksanakan dengan baik walaupun belum ideal karena masih ada yang harus mendapatkan perhatian yaitu pada upaya untuk meningkatkan kesadaran kolektif budaya organisasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan berbagai kekuarangan yang mungkin bisa dibenahi, untuk itu peneliti memberikan saran sebagai berikut: Pembenahan struktur birokrasi/pembagian wewenang tugas sekolah dengan memperhatikan kebutuhan sekolah dan daya dukungnya. ABSTRACTThe purpose of this study is to analyze the implementation of standard process at general senior high school (SMAN) level in Indramayu regency by using Edward III theory. Factors that affect policy implementation are communication information, resources, attitude of policy implementor, and the structure of bureaucracy. This study conducts qualitative approach that gives discretion for the researcher to explore various effects and uses post-positivist paradigm as the research that uses theory. The theory used is Edward III theory. Qualitative research with descriptive analysis uses data collection technique through in-depth interview, incidental observation, and documentary study. The data is analyzed through coding, data reduction, and validity test through triangulation.The result of the study about the implementation of standard process policy at SMAN level indicates that the implementation of standard process policy at unconsidered-superior general senior high school in Indramayu regency is not implemented well yet. The implementation of standard process policy, however, has been implemented well at SMAN 1 Sindang as a considered-superior school and previously as RSBI even though it is not ideally implemented because of the need of attention in the effort to enhance collective awareness of organization culture. This study found various weaknesses that could be recovered. Consequently, it is suggested to: (c) reform bureaucracy or school task authority distribution regarding the needs and carrying capacity of school. |