Analisis situasi, penetapan posisi dan rancangan strategi pemasaran layanan rawat inap Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu tahun 2013 = Situational analysis positioning and design marketing strategies for inpatient rooms of the Yadika Pondok Bambu Hospital in 2013 / Devina Agustin
Devina Agustin;
Kurnia Sari Setio Putri, supervisor
(Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor internal daneksternal, posisi serta rancangan strategi dari layanan rawat inap RS YadikaPondok Bambu. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, Matriks TOWSdan Matriks IE. Hasil dari analisis SWOT adalah diidentifikasinya kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh rumah sakit. Berdasarkanmatriks TOWS posisi layanan rawat inap RS Yadika Pondok Bambu saat iniberada pada internal fix it quadrant dengan rancangan strategi yang digunakanadalah strategi WO yaitu dengan cara meminimalkan kelemahan untukmemanfaatkan peluang. Dari matriks IE layanan rawat inap berada pada posisi selI yaitu grow and build dengan strategi yang dapat dilakukan adalah penetrasipasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Setelah dilakukanpencocokan dari kedua matriks tersebut maka strategi yang tepat adalahpengembangan pasar dan pengembangan produk. Selain itu dari strategi inidibuatkan juga strategi untuk program bauran pemasaran yaitu berdasarkan 4P(produk, harga, tempat dan promosi). ABSTRACT This study is conducted in order to identify the internal and externalfactors, positioning and design marketing strategies for inpatient rooms of YadikaPondok Bambu Hospital. This study uses SWOT analysis, TOWS matrix, and IEmatrix. The SWOT analysis identified strength, weaknesses, opportunities andthreats of the hospital. Based on TOWS matrix, the position of inpatient room iscurrently at internal fix it quadrant that can use WO strategies by minimizing theweaknesses to take advantage of the opportunities. Based on IE matrix theposition is on grow and build cell that makes strategies that can be implementedare market penetration, product development and market development. After thematching of two matrices, the appropriate strategy is product development andmarket development. In addition to this strategy, another strategy was designedfor marketing mix program based on 4P (product, price, place, promotion). |
![]()
|
No. Panggil : | T36080 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xx, 141 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T36080 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349164 |