ABSTRAK Dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 disebut bahwa merek adalahmerupakan tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf, angka atau kombinasi darikesemuanya yang mempunyai ciri khas sendiri sehingga menjadi daya pembedadengan produk lain dan digunakan dalam perdagangan barang maupun jasa. Selainsebagai pembeda, merek tertentu dalam kehidupan sehari-hari sering dianggapsebagai jaminan kualitas atas suatu barang atau jasa. Merek menggambarkan jaminankepribadian ( individuality ) serta reputasi suatu barang dan jasa hasil usaha sewaktudiperdagangkan. Dalam lalu lintas perdagangan barang dan jasa, setiap barang danjasa yang diperdagangkan akan selalu menggunakan merek dagang, sebabsebagaimana diketahui bahwa fungsi dasar merek dagang adalah menjadi pembedaantara produk barang atau jasa dari satu produsen dengan produsen lainnya. Dalamhal ini, merek berfungsi sebagai tanda pengenal yang menunjukkan asal barang danjasa, sekaligus menghubungkan barang dan jasa yang bersangkutan denganprodusennya. Untuk merek terkenal, Passing Off (pemboncengan reputasi) merekmerekterkenal dewasa ini sudah mulai marak, baik yang meniru merek terkenalsecara utuh maupun sebagiannya yang terkait dengan kesamaan bunyi, lambang,padanan kata, atau simbol-simbol tertentu yang khas dari suatu merek terkenal. Halini tidak lain karena menjanjikan keuntungan besar yang akan didapat apabilamempergunakan merek terkenal dari pada menggunakan mereknya sendiri. Terkiatdengan itu, bagaimana peraturan perundang-undangan mengatur masalahperlindungan merek terkenal dan bagaimana implementasinya. ABSTRACT In Law No. 15 of 2001 is called a sign that the brand is in the form of images,names, words, letters, numbers or a combination of all of them that have their owncharacteristics so that it becomes the differentiator with other products and is used inthe trade of goods and services. Aside from being a differentiator, a particular brandin everyday life is often regarded as a guarantee of the quality of goods or services.Describe the brand personality guarantees (individuality) as well as the reputation ofthe goods and services traded during business results. Traffic in goods and servicestrade, any goods and services traded will always use the trademark, since it is wellknown that the basic function of a trademark is a difference between the product orservice from one manufacturer to the other manufacturers. In this case, the brandserves as identification indicating the origin of goods and services, as well as linkingthe goods and services concerned with the producer. For the famous brand, PassingOff famous brands today are starting to bloom, the replicate well-known brand inwhole or in part related to the similarity of sound, symbol, synonym, or certainsymbols typical of the brand famous. It is not because of the promising benefits thatwould be obtained if the use of the well-known brand using its own brand. Relatedwith it, how the legislation governing the protection of well-known brand and how itsimplementation. |