Evaluasi strategi komunikasi pemasaran pasar tradisional modern : studi kasus : pasar tradisional modern Sinpasa Serpong = The evaluation of communication marketing strategy of modern traditional market : case study Sinpasa Market Serpong / Tonny Hendriawan
Tonny Hendriawan;
Nainggolan, Juli Bestian, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Penelitian ini untuk mencari dan mengetahui strategi komunikasi pemasaranpasar tradisional modern Sinpasa di Serpong, Tangerang. Tujuan dilakukannyapenelitian ini adalah untuk memahami strategi komunikasi pemasaran yang dilakukanoleh pengelola atau manajemen Pasar Sinpasa di Serpong, Tangerang, termasuklatarbelakang dan evaluasi terhadap starategi yang diterapkan.Sebelum mengetahui strategi yang digunakan, ditetapkan terlebih dahulutujuan yang akan dicapai dalam penerapan strategi ini yang dituangkan dalamproses segmenting, targeting dan positioning. Selanjutnya bagaimana mencapaitujuannya dengan menyusun strategi Product, Place, Price dan Promotion yangdikenal dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Total bauran promosi(promotion mix) tersebut adalah Bauran Komunikasi Pemasaran (marketingcommunication mix) yang terdiri dari percampuran spesifik dari periklanan, publicrelations, dan alat-alat direct marketing yang digunakan untukmengkomunikasikan nilai secara persuasif dan membangun hubungan yang positifdengan konsumen.Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan evaluasiproses sebuah studi kasus. Penelitian dalam kasus ini menunjukkan bahwaPublicity merupakan sarana komunikasi pemasaran yang efektif. Public Relationdengan sarana online menggunakan website dan even yang melibatkan konsumenserta Word of Mouth juga menjadi sarana yang efektif.Program revitalisasi pasar tradisional merupakan program untukmeningkatkan kontribusi dan peran pasar tradisional sebagai salah satu kekuatanekonomi bagi rakyat. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagipengelolaan pasar tradisional modern lainnya. ABSTRACT This research is to find out and to determine marketing communication strategiesused by traditional market that has been revitalized. The case is how to managetraditional market in a modern way which is Sinpasa market in Serpong,Tangerang. The result of this research is to elaborate marketing communicationstrategies undertaken by management of Sinpasa Market in Serpong, Tangerang,including made an evaluation and the strategy.When we manage the modern traditional markets and before knowing whatstrategy will be use, the first step is to set the goal that will be achieved onimplementation of the strategy. The objectives to be achieved is the process ofsegmenting, targeting and positioning and the next step is how to gain the goaland to develop the strategy based on Product, Place, Price and Promotion, knownas Marketing Mix (Marketing Mix). Total promotion mix is Mix MarketingCommunications (marketing communication mix) consisting specific mixed ofadvertising, public relations, and direct marketing tools used by company ororganization to deliver communicate and built positive relationships withconsumers.This research was conducted by using evaluation process and qualitative casestudy. This case study shows that the Publicity is the most effective way. PublicRelations activities that involving consumers, and Word of Mouth also be aneffective tool for the strategy. The revitalization of traditional market program isa program that encouraged by the government and private sectors to increasecontribution of traditional market to the economic power for people. The resultsand conclusions are reference for modernization of traditional market as the goalof the traditional markets revitalization program. |
T-Pdf Tonny Hendriawan.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349200 |