Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolahdimana di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pembelajaran yaituguru, isi atau materi pembelajaran, siswa dan lingkungan. Penelitian ini menganalisisimplementasi kebijakan standar proses di SMPN 2 Sukagumiwang KabupatenIndramayu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif. Sedangkan metodenya studi kasus yang bersifat deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, observasi danwawancara. Hasil Penelitian tentang Bagaimana implementasi standar proses di SMPN2 Sukagumiwang Indramayu sebagai berikut:1. Aspek perencanaan pembelajaran yangterdiri dari rencana program pembelajaran dan silabus pada umumnya sudah ada tapisebagian besar bukan hasil karya sendiri. 2. Pelaksanaan pembelajaran masih perludibenahi terutama dari aspek jam belajar dan metode pembelajaran. 3. Penilaianpembelajaran perlu dioptimalkan lagi frekwensi, jenis dan pemanfaatannya. 4.Pengawasan pembelajaran perlu ditingkatkan lagi baik oleh Kepala Sekolah maupunPengawas Sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu : 1. Aspekkomunikasi masih perlu ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya. 2.Sumberdaya guru dan wewenangnya sudah cukup tetapi yang masih perlu diperhatikanadalah sumberdaya siswa, informasi, sarana dan dana. 3. Sikap para pelaksana belumoptimal mendukung implementasi standar proses. 4. Struktur birokrasi sekolah dalammelaksanakan implementasi standar proses sudah cukup berperan. The learning process is the core of the formal education process at school whereit occurs in the interaction between the various components of the learning those are :teachers, content or learning materials, students and the environment. This studyanalyzes the policy implementation process standards in SMPN 2 SukagumiwangIndramayu district and the factors that influence it. This study used a qualitativeapproach. The method used was a descriptive case study. Data was collected throughthe study documents, observations and interviews. Research on how the implementationof standard processes in SMPN 2 Sukagumiwang Indramayu obtained as follows : 1.Aspects of the learning plan consists of plan learning program sand existing syllabus ingeneral but mostly not the work itself,. 2. Learning implementation still need to beaddressed, especially from the aspect of teaching hours and teaching methods. 3.Assessment of learning needs to be optimized again the frequency, type andutilization.4. Instructional supervision should be increased again by both the Principal and theSchool Trustees. While the factors that influence, namely : 1. Communication aspectcould be improved both quantity and quality. 2. Resource teachers and authority issufficient but that remains to be seen is a student resource, information, facilities andfunds. 3. Attitude of the implementers is not optimal to support the implementation ofstandard processes. 4. Bureaucratic structure of the schools in implementing thestandards implementation process has been quite instrumental. |