:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran manajemen koleksi studi kasus Museum Basoeki Abdullah = The role of collection management study case in Museum Basoeki Abdullah

Sri Redjeki Pudjiati; Ali Akbar, supervisor; Kresno Yulianto Soekardi, examiner; Noerhadi Magetsari, examiner; Irmawati Marwoto, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang preservasi sebagai salah satu dari fungsi museum dan manajemen koleksi sebagai salah satu peran museum dalam melayani masyarakat dan perkembangannya. Pada preservation atau ada yang mengatakan juga conservation melibatkan para ahli preservasi dan konservasi. Preservasi berkaitan dengan tugas-tugas museum dalam pengelolaan koleksi yang di dalamnya termasuk memelihara fisik maupun administrasi koleksi dan masalah manajemen koleksi yang terdiri dari pengumpulan, pendokumentasian, konservasi dan restorasi koleksi. Lokasi penelitian adalah Museum Basoeki Abdullah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menekankan pada penelitian observasi dilapangan dan datanya dianalisa non statistik meskipun tidak menabukan penggunaan angka. Melalui metode ini diharapkan dapat membantu untuk menemukan keterkaitan menejemen koleksi dengan konsep museologi.

This thesis discusses preservation as one of the functions of museums and collections management as one of the role of museums in serving the community and its development. Preservation or conservation also involves the preservation and conservation experts. Preservation relates with the tasks in the management of the museum collection which includes maintaining physical and administrative collections and collection management problems which consist of the collection, documentation, conservation and restoration of the collection. Location of the study is Museum of Basoeki Abdullah. This study is a qualitative research study by emphasizing on field observations and the data was not statistically analyzed but still using number in some fields. This method is expected to help to discover the relationship between collection management and the concept of museology.

 File Digital: 1

Shelf
 T34891-Sri Redjeki Pudjiati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T34891
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xvii, 112 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34891 15-20-918031722 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349258