Intervensi self-regulation empowerment program untuk meningkatkan regulasi diri pada siswa underachiver tipe if-then students = Self-regulation empowerment program to enhance self regulation skills in if-then type of underachiever students / RR. Ayu Ratih Puteri
RR. Ayu Ratih Puteri;
Wuri Prasetyawati, examiner; Patricia, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Underachievement terjadi saat ada kesenjangan antara prestasi siswa denganpotensi yang dimilikinya tanpa adanya kesulitan belajar atau gangguan fisik(Rimm, 1996) Underachiever tipe If-Then Students mengalami masalah prestasikarena mereka tidak melihat sekolah sebagai hal yang penting, mereka juga tidakmemiliki kebiasaan belajar yang baik (Peters, 2000). Penelitian ini dilakukanuntuk meneliti efektivitas intervensi Self-Regulation Empowerment Program(SREP) untuk meningkatkan Regulasi diri siswa Underachiever Tipe If-ThenStudents yang dimodifikasi dari model SREP yang dikembangkan Cleary dkk(2008). Penelitian dilakukan dengan desain tunggal AB. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa program intervensi berhasil meningkatkan keterampilantask-analysis, menetapkan tujuan dan menyusun rencana strategi pada siswa danberhasil untuk meningkatkan keterampilan regulasi diri siswa tersebut. ABSTRACT Underachievement is a discrepancy between child’s school performance andsome index of the child’s ability that occurs without any learning disabilities orphysical impairments (Rimm, 1996) If-Then type of underachiever studentsexperiencing performance problems because they don’t see school as importantthing, they also lack of good study habits (Peters, 2000). This study wasconducted to examine the effectiveness of Self-Regulation Empowerment Program(SREP) to improve students' Self-Regulation in If-Then type of underachieverstudents. This program were modified from the SREP modal that was developedby Cleary, et al (2008). The study was conducted with a single case AB. Theresults showed that the intervention program successfully increased task-analysis,goals setting and strategic planning skills in the student, and improving thestudents' self-regulation skills. |
T34816-RR. Ayu Ratih Puteri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34816 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 86 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34816 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349614 |